Menikmati Segarnya Danau Maninjau

0
45

Lelah dengan kesibukan sehari-hari dan ingin mencari tempat yang hening untuk melarikan diri dari hidup yang itu-itu saja? Bisa jadi ini adalah jawaban yang paling tepat, berliburlah ke Danau Maninjau. Danau Maninjau yang berada di Sumatra Barat adalah salah satu danau terhening di Indonesia. Dengan predikatnya sebagai danau hening, tak diragukan lagi jika Danau Maninjau tempat yang menyenangkan untuk menenangkan diri dan menikmati hidup yang tenang.

Danau Maninjau berada di atas perbukitan yang memiliki ketinggi 461 mdpl. Untuk menuju ke sini, setidaknya Anda harus melewati jalan yang curam dengan tanjakan dan turunan yang tajam. Belum lagi dengan jalan yang berlika-liku. Dengan perjalanan yang menegangkan, anda bisa langsung merasa relaks dengan pemandangan yang sangat indah di sisi kanan kiri jalan. Dengan kilauan cahaya dari pantulan air danau dan perbukitan di sekelilingnya. Benar-benar perjalanan menuju ketenangan hati.

Dibalik keindahan dan ketenangannya, Danau Maninjau juga menyimpan legenda didalamnya yang juga merupakan warisan budaya masyarakat setempat. Legenda Danau Maninjau dikenal sebagai Legenda Bujang Sembilan. Menurut masyarakat setempat, konon salah seorang pria dalam kisah itu mati dengan cara terjun ke kawah kemudian kawah meluas dan membentuk sebuah danau.

Di sekitar Danau Maninjau terdapat desa yang bernama Desa Maninjau. Di desa inilah, seorang Buya HAMKA  dilahirkan. Beliau adalah seorang novelis yang terkenal dengan berbagai karyanya, salah satunya adalah ‘Tenggelamnya Kapl Van der Wijk’. Tak hanya Buya HAMKA saja yang lahir dari tanah Maninjau, seorang pahlawan Indonesia, Rangkayo Rasuna Said juga lahir di desa yang tenang ini.

Bagi anda yang berniat menghabiskan liburan di sekitar Danau Maninjau tak usah khawatir dengan fasilitas yang disediakan. Beberapa resort yang berada di puncak bukit siap untuk menjadi tempat singgah anda selama liburan tenang anda.

Tinggalkan Komentar