Kunyit Asam, Rahasia Kecantikan Wanita Indonesia

1
49

Siapa disini yang suka jamu? Saya yakin pasti tidak semua angkat tangan karena beberapa alasan, mulai dari rasanya yang aneh sampai tidak cocok dengan kondisi tubuhnya. Meskipun begitu, tapi warisan turun-temurun asli Indonesia yang satu ini dipercaya bisa memberi manfaat untuk kesehatan, terlebih kepada wanita, jamu diyakini memilki khasiat yang ampuh untuk kesehatan dan kecantikan wanita. Di indonesia sendiri, jamu menempati urutan pertama di jajaran minuman herbal yang berkhasiat. Hal ini tidak mengeherankan karena jamu memang bukan sembarang minuman. Melainkan, ramuan tradisional alami yang berasal dari tanaman. Apalagi, negara kita memang kaya dengan berbagai macam tumbuh-tumbuhan.
Nah, salah satu jamu yang paling menjadi favorit orang Indonesia, khususnya wanita Indonesia adalah Kunyit Asam. Tidak seperti jamu lainnya yang umumnya berasa agak pahit, kunyit asam ini memiliki rasa yang agak asam manis dan menyegarkan. Jamu yang berasal dari campuran sari kunyit dan asam ini sangat populer dikalangan wanita karena dipercaya punya khasiat-khasiat yang sangat baik bagi wanita.
Beberapa manfaat dari kunyit asam antara lain bisa memperlancar menstruasi, melangsingkan badan, dan meredakan panas dalam. Selain itu kandungan kurkumin (warna kuning pada kunyit) efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung dan minyak asirinya berkhasiat sebagai antiinflamasi.
Manfaat-manfaat yang terkandung dalam kunyit asam ini tidak lain karena kandungan dari jamu kunyit asam itu sendiri, seperti zat kurkumin yang sangat tinggi, vitamin C, minyak atsiri, protein, karbohidrat dan beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Namun meski begitu tidak dianjurkan untuk meminum kunyit asam terlalu sering. Terlebih lagi akan menjadi berbahaya jika meminum sari kunyit asam atau meminumnya tanpa disaring terlebih dahulu.
Sekarang ini, kunyit asam sangat mudah ditemukan dalam bentuk minuman instant atau siap minum, namun lebih baik untuk membuatnya sendiri karena bahan-bahan yang lebih terjamin dan tentu saja tanpa bahan pengawet. Cukup dengan menyiapkan bahan-bahan seperti kunyit, asam jawa, gula jawa, sedikit garam, dan air. Cara pembuatannya pun cukup mudah, setelah kunyit dibersihkan dari kulitnya, cuci bersih lalu tumbuk/blender hingga halus kemudian saring dan ambil airnya. Setelah itu, rebus perasan kunyit tersebut lalu masukan gula merah dan asam jawa, aduk-aduk, masukan sedikir garam, masak hingga mendidih, angkat dan dinginkan. Jamu kunyit asam siap diminum. Selamat mencoba!

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar