Air Terjun Les, Menikmati Air Terbang Di Bali

Ada yang penasaran bagaimana jika air bisa terbang? Kamu bisa temukan di salah satu wisata alam di Bali ini. Air Terjun Les Singaraja, atau biasa disebut Ari Terjun Yeh Mampeh yang berarti air terbang. Air terjun ini bisa disebut air terbang karena air yang jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter. Jadi seakan-akan air dari atas terbang sebelum jatuh menyentuh tanah dan bebatuan dibawahnya.

Jika kamu bosan dengan hingar-bingarnya Kuta, Air Terjun Les bisa menjadi tujuan yang tepat. Air terjun dengan pemandangan yang menakjubkan dengan latar belakang alam yang masih sangat asri. Perbukitan yang hijau dan masih alami menjadikan suasana yang sangat eksotis yang bisa menghilangkan kelelahan pikiran anda.

Air terjun Les berada di perbukitan Yangudi dan Bukit Pungsu di Buleleng Timur dan memiliki  tiga tingkatan. Yang paling bawah berketinggian sekitar 30 meter, sedangkan air terjun yang tertinggi jarang dikunjungi orang karena medannya cukup sulit dan terjal.

Tak hanya memilki air terjun yang indah, disekitar area ini juga terdapat mata air yang diberi nama Toya Anakan. Warga setempat menyucikan mata air itu karena sering dipergunakan untuk sarana upacara. Karena itu, meski airnya tak terlalu besar, warga tetap menjaga kesuciannya.  Sebelum mengambil airnya, warga biasanya akan menghaturkan sesajen sebagai tanda meminta dan menyucikan air itu.

Air terjun yang terletak di desa Les, kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng ini berjarak sekitar 38 km dari Singaraja atau sekitar 95 km dari Denpasar. Bisa ditempuh dengan naik angkutan umum yang bertarif Rp 10.000. Kita bisa melihat air terjun, jarak dari jalan raya 1 kilometer saja. Jarak dari gerbang air terjun hanya 500 meter atau 25 menit perjalanan.

Air terjun Les bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat dengan kondisi jalan yang sudah cukup bagus. Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini akan disuguhi pemandangan yang serba hijau dengan hutan dan ladang.

Untuk rute terdekat, bisa dari denpasar ambil arah ke Ubud atau Kintamani.  Selanjutnya dari Kintamani lanjutkan perjalanan ke Singaraja hingga tiba di sebuah pertigaan (arah kanan ke Kubutambahan dan Singaraja, arah kiri ke Bondalem/Madenan dan Amlapura). Beloklah ke kiri dari pertigaan tersebut, hingga tiba di pertigaan/Jalan Raya Singaraja – Amlapura. Beloklah ke kanan hingga tiba di pertigaan Desa Les, dan beloklah kanan lagi hingga tiba di tempat parkir.

Jika berangkat dari arah Singaraja, arahkan kendaraan ke timur menuju Pantai Tulamben/Amlapura hingga tiba di pertigaan Desa Les. Beloklah ke kanan hingga tiba di tempat parkir Air Terjun Yeh Mempeh. Selanjutnya Anda tinggal jalan kaki menuju air terjun. Selamat menikmati indahnya air terbang di Bali.