Gudeg Koyor, Gudeg Urat Sapi Khas Salatiga

0
53

Gudeg sejatinya memang makanan khas Yogyakarta, tapi itu bukan berarti gudeg tidak boleh dimasak dan dimodifikasi menjadi kuliner khas daerah lain. Meski sama-sama gudeg, tetap saja masing-masing memiliki kekhasannya sendiri. Sebut saja Gudeg Koyor khas Salatiga.

Gudeg sendiri merupakan makan yang berbahan dasar nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan bumbu diatas kuali sehingga menimbulkan cita rasa manis. Gudeg sendiri ada dua macam, yaitu gudeg basah dan gudeg kering.

Berbicara tentang gudeg koyor, apa sebenarnya yang membuat dari gudeg di Joja. Jawabannya ada di koyornya. Bagi yang belum tau koyor itu apa, koyor adalah urat atau otot sapi yang berada di sekitar tulang punggung. Urat sapi yang awalnya alot, diolah sedemikian rupa hingga menjadi lembut saat dimakan.

Bisa dibayangkan bagaimana perpaduan manisnya gudeg, gurihnya kuah areh, pedasnya sambal krecek, dan masih ditambah dengan koyor sapi yang semakin menambah cita rasa gudeg koyor. Jadi, saat mampir ke Salatiga, jangan lupa mencicipi gudeg koyor ya.

Baca Juga:  Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ke-4

Tinggalkan Komentar