Kapurung, Papeda Sayur Sulawesi Tenggara

0
34

Saat melihat gambar kapurung, banyak yang mengira kalau makana ini adalah papeda. Dari penampakannya, memang wajar jika berpikir kalau ini adalah papeda karena memang bentuknya yang sangat mirip, dan bahan dasarnya pun sama, yaitu sagu. Makanan mirip papeda ini adalah Kapurung.

Kapurung adalah makanan dengan sagu sebagai bahan dasar utamanya, serta sayuran sebagai pelengkapnya. Kapurung merupakan kulner khas dari tanah luwu Sulawesi Selatan. Mirip dengan pappeda dari papua dan sinonggi dari sulawesi tenggara.

Kapurung sangat erat kaitannya dengan masyarakat Luwu. Bagi mereka,  kapurung sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak hanya dinikmati di acara-acara keluarga bahkan di acara yang sifatnya formal, kapurung menjadi primadona sebagai makanan khusus yang wajib dihidangkan.

Membuat kapurung cukup mudah, cukup sediakan sagu, kacang panjang, bayam, irisan jagung, irisan jantung pisang, terong dan ikan bandeng atau tuna. Untuk membuat adonanan sagu, tepung sagu dicampur air hingga encer, masukan garam secukupnya dan taruh di mangkuk besar. Didihkan air panas dan langsung dicampurkan ke cairan sagu, tapi jangan diaduk. Tunggu sampai tepungnya menyatu baru diaduk seperti mengaduk dodol. Adonan kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dengan menggunakan sumpit. Untuk kuahnya sendiri, campurkan semua sayuran dan cacahan ikan, lalu masak dalam satu wadah hingga mendidih. Rasanya yang gurih pedas dijamin akan membuat ketaihan!

Baca Juga:  Oseng-oseng mercon, Si Pedas Dari Yogyakarta

Tinggalkan Komentar