Tahu Tek Surabaya

0
28

Kadang, onomatopoeia (suara) dari benda bisa juga dijadikan identitas khas dari benda tersebut, bahkan sering juga dijadikan sebutan untuk benda itu, tak terkecuali kuliner-kuliner yang ada di Indonesia juga. Sebut saja Bir Pletok yang terkenal karena suara pletok-pletoknya, atau es dungdung karena pejualnya selalu menggunakan alat yang jika dipukul mengeluarkan suara tung-tung-tung. Begitu juga dengan Tahu Tek khas Surabaya.

Tahu Tek dikenal dengan makanan khas Surabaya, meski begitu, Tahu Tek juga banyak diemukan di Gresik, Sidoarjo, Madura dan sekitarnya. Bahan utamanya adalah tahu diiris kotak, digoreng setengah matang. Menggorengnya bisa dicampur dengan telur atau tanpa telur. Sesudah itu tahu dipotong menggunakan gunting, bukan pisau. Saat mengguntingnya akan terdengar bunyi tek-tek-tek. Inilah kenapa tahu ini dinamakan Tahu Tek.

Setelah tahu siap, tata diatas piring, lalu tambahkan bahan-bahan pelengkap seperti lontong, kentang goreng, dan tauge. Untuk bumbunya, dibuat dari kacang tanah goreng, cabe merah, bawang putih, garam, dan jangan lupa ditambahkan peis udang sehingga bau dan rasanya semakin gurih dan menggoda. Setelah bumbu disiramkan ke piring, sentuhan terakhir taburkan bawang goreng, seledri, dan kerupuk udang. Wah benar-benar sedap meski hanya membayangkannya saja!

Baca Juga:  Roti Buaya, Roti Persembahan Pada Pesta Pernikahan Adat Betawi

Tinggalkan Komentar