7 Manfaat Sinar Matahari Pagi

0
34

Siapapun pasti sudah  mendengar bagaimana khasiat sinar matahari pagi bagi tubuh. Terlebih bagi bayi, tak jarang banyak para ibu yang menjemur bayi-bayi mereka dengan matahari pagi. Bagi bayi, sinar matahari pagi diyakini bisa menguatkan tulang bayi yang masih rapuh. Tak hanya bayi, bagi orang dewasa, sinar matahari juga mengandung vitamin D yang dbutuhkan tubuh. Tapi tetap ada batas waktu dimana sinar matahari bisa dinikmati untuk kesehatan, yaitu sampai jam 8 pagi saja. Berikut beberapa manfaat sinar matahari bagi tubuh:

  1. Membantu Menguatkan Tulang. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan merangsang serta membantu proses penyerapan kalsium untuk tulang lebih optimal. Hal ini tentunya akan membuat kepadatan tulang semakin baik dan mencegah resiko osteoporosis.
  2. Mengurangi Tingkat Depresi. Sinar matahari pagi merangsang produksi hormon serotonin yang berfungsi menurunkan tingkat depresi pada seseorang. Untuk itulah, biasakan diri berjemur di sinar matahari pagi untuk memperoleh mood yang baik.
  3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak. Sinar matahari pagi akan merangsang produksi hormon melatonin (hormon yang membantu anda tidur lebih pulas). Jadi, Jika hormon melatonin terlalu minim, akan membuat seseorang terjaga atau susah tidur malamnya.
  4. Mencegah Kepikunan Dini. Bagi anda yang mudah lupa menaruh barang atau mengucapkan kata yang sama dalam rentang waktu yang singkat, ini merupakan gejala kepikunan dini yang mengarah ke penyakit Alzheimer. Sinar matahari pagi dapat membantu mencegah kepikunan dan Alzheimer dini.
  5. Menangkal Kanker. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang membantu tubuh untuk menangkal berbagai jenis kanker seperti kanker payudara.
  6. Memperkuat Sistem Imun Tubuh. Ini dikarenakan, sinar matahari pagi akan memicu produksi sel-sel darah putih yang berfungsi melawan kuman, virus dan bakteri yang masuk ke tubuh manusia.
  7. Baik Untuk Kulit. Terbiasa terkena sina matahari di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan kulit serta menghindarkan diri dari berbagai penyakit kulit seperti jerawat serta berbagai jamur yang dapat menyerang kulit. (berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar