Tips Menjaga Kamera Saat Bepergian

0
39

Kamera merupakan hal penting saat kita sedang berwisata atau bepergian. Bahkan kamera menjadi hal wajib yang harus dibawa saat bepergian. Entah itu kamera pada handphone, kamera pocket simple, atau kamera DSLR yang mempunyai resolusi tinggi. Apalagi bagi para pecinta fotografi, rasanya gatal kalau tidak mengabadikan apa yang mereka temui dalam jepretan frame kamera kesayangan.

Anda tentu sadar betul kalau kamera merupakan benda yang rentan. Apalagi jika anda sering bepergian ke tempat yang cukup riskan bagi kelangsungan hidup kamera kesayangan anda. Jika tidak pintar-pintar merawatnya, bisa-bisa kamera anda rusak. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat kamera kesayangan anda selama bepergian:

1. Menyiapkan Tas Kamera

Tas kamera merupakan aksesoris kamera yang paling penting. Anda bisa mendapatkannya ketika anda pertama kali membeli kamera, pasti sang penjual jua akan menawarkan tas kamera, karena memang ini penting untung melindungi kamera dari benda-benda disekitarnya, terlebih jika anda memiliki kamera SLR. Pilih tas kamera yang pas dengan kamera anda, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, dan juga lebih baik pilih yang tahan air.

2. Pemakaian yang Efisien

Mengabadikan berbagai moment memang paling menyenangkan, tetapi anda juga harus memperhatikan kondisi kamera. Off-kan kamera jika anda tidak menggunakannya, dan gunakan kamera sesuai keperluan untuk menghemat batere. Hal tersebut juga bisa lebih merawat kehidupan batere kamera anda.

3. Memperhatikan Situasi dan Kondisi Sekitar

Sebelum anda menggunakan kamera anda, lebih baik untuk memperhatikan situasi dan kondisi sekitar anda. Misalnya anda sedang berada di pantai, pastikan kamera anda tidak ditaruh di atas pasir agar butiran-butiran pasir tidak masuk ke celah kamera anda dan dapat merusak kamera.

Baca Juga:  Pantai Tanjung Tinggi, Pesona di Pulau Belitung

4. Rutin Membersihkan Kamera

Hal ini merupakan salah satu hal terpenting dalam menjaga kamera anda. Anda bisa memiliki peralatan khusus untuk membersihkan kamera yang bisa dibeli di toko-toko khusus kamera.

5. Menutup Lensa

ini penting bagi anda yang memiliki kamera SLR. Menutup lensa anda dengan penutup lensa bisa menghindari goresan pada lensa yang membuat hasil jepretan anda tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. Anda bisa memberi tali kecil pada penutup lensa jika perlu.

6. Menyimpan Kamera pada Tempat yang Aman

Kamera termasuk salah satu benda dengan harga jual yang tinggi, banyak orang yang mengincarnya. Oleh karena itu, pastikan kamera anda pada tempat yang aman dan selalu ada di pengawasan anda. Jangan meletakan kamera anda di sembarang tempat yang memungkinkan orang lain untuk mengambilnya.

7.  Asuransi

Tak hanya hidup anda saja yang bisa anda asuransikan, sekarang anda juga bisa mengasuransikan kamera anda. Di luar negeri  mulai gencar dengan program gadget travel insurance . anda bisa mengasuransikan semua gadget-gadget mahal anda ketika anda sedang bepergian.  (ensiklopediaindonesia.com) (foto: ephotozine.com)

Tinggalkan Komentar