Laptop Tidak Mau Nyala? Jangan Panik! Ini solusinya

1
52
Foto : zams.web.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Pernah mengalami kejadian saat laptop tidak mau nyala? Padahal sebelumnya laptop anda baik-baik saja. Baterai dan charger juga kelihatannya tidak ada masalah.  Tenang, jangan buru-buru panik dan langsung dibawa ke service center. Anda bisa mencoba beberapa cara dengan memperbaikinya secara mandiri.

Selidiki apa yang menjadi penyebab laptop tidak mau nyala. Kalau anda menyalakan laptop menggunakan charger (tanpa baterai), pastikan charger laptop terhubung dengan baik ke laptop atau ke stop kontak. Jika terhubung ke surge protector, pastikan protector telah menyala. Jika tetap tidak menyala, coba sambungkan ke stop kontak lain.

Kalau dengan cara diatas tidak ada perubahan, lakukan Power Reset. Power reset berguna untuk memutuskan arus listrik apapun yang menyebabkan laptop kamu tidak bisa menyala dengan baik. Untuk bisa melakukan ‘power-reset’ kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Lepaskan baterai laptop dan cabut charger dari laptop
  • Tekan dan tombol power laptop selama 30 detik, kemudian lepaskan
  • Pasang kembali baterai dan colokan lagi charger laptop. Setelah semuanya terpasang, coba nyalakan kembali laptop anda

Jika sudah mencoba cara-cara diatas tapi tetap tidak menyala, maka anda disarankan membawa laptop anda ke service center terpercaya. Selamat mencoba.

Baca Juga:  Efek Buruk Abu Vulkanik Bagi Kesehatan

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar