Teh Talua, Energy Drink Orang Minang

0
43

Pastinya anda sangat jarang mendengar minuman khas Padang. Kebanyakan kuliner khas Padang yang paling sering disebut adalah rendang atau nasi padang. Begitu juga jika anda ditanya daerah mana yang memiliki minuman khasnya. Kebanyakan pasti menjawab sederet daerah-daerah di Pulau Jawa seperti Bandung, Jogja, dan Jakarta, kalaupun ada yang menjawab daerah-daerah di Sumatera, kebanyakan menjawab kopi aceh atau kopi lampung yang terkenal disana. Tapi taukah anda kalau ternyata ada minuman unik yang berasal dari Padang, dialah Teh Talua.

Teh Talua atau Teh telur adalah minuman penambah stamina yang terbuat dari bahan utama teh dan telur. Penampakannya menarik, Teh Talua memiliki beberapa lapisan warna. Lapisan warna ini dibuat tergantung dengan kemahiran peraciknya. Itulah sebabnya, dalam ajang lomba pembuatan minuman unik ini, warna bertingkat ini jadi salah satu indikator penilaian. Di lapisan paling atas  sangat mirip dengan Cappuccino yang khas dengan buih tebalnya. Lapisan berikutnya cairan kental berwarna coklat tua, lalu coklat muda berada paling bawah.

Menurut cerita minuman ini mulanya merupakan energy drink para petani dan nelayan Minang di pagi hari. Dinikmati sebelum berangkat kerja. Tujuannya demi menjaga kebugaran dan menambah energi mereka. Namun demikian, waktu yang paling pas saat minum ini memang di pagi hari.

Jika anda berkunjung ke Sumatera Barat, anda akan mudah menemukan minuman yang memiliki rasa hangat dan manis ini. Namun sayangnya Teh Telur agak sukar ditemukan di luar Sumatera Barat. Tapi jika anda penasaran, anda bisa iseng-iseng membuatnya.

Cara membuat Teh Talua, hanya perlu menyiapkan bahan dan perlengkapan seperti teh bubuk berikut saringan tehnya, sebutir telur ayam kampung (boleh juga telur itik atau bebek) yang diambil bagian kuningnya saja, dua sendok makan gula pasir, gelas, sendok atau pengocok telur, setengah buah jeruk nipis, dan air panas.

Baca Juga:  Temukan Menu Vegetarian Saat Anda Berkunjung Jogja Di sini

Pertama-tama, masukkan kuning telur dan dua sendok gula pasir dalam gelas. Ambil sendok, kocok gula dan telur sampai mengembang atau selama 3-5 menit. Setelah itu, masukkan teh bubuk dalam saringan, letakkan di atas gelas. Tuangkan air panas perlahan ke atas saringan teh. Teh Talua siap untuk dinikmati. Bagi yang menyukai rasa segar, dapat menambahkan perasan jeruk nipis. Bisa juga ditambahkan susu dan madu agar makin mantap energinya. Jadi tertarik dengan Teh Talua? (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar