Manfaat Menulis Menggunakan Tangan Bagi Perkembangan Anak

0
41

Menulis merupakan pelajaran kedua bagi anak balita setelah diajarkan motorik halus yaitu merobek, meremas, mencocokkan, dan mengambil. Namun bagi para penikmat teknologi, menulis tangan sudah tidak menarik lagi. Dengan banyaknya kemudahan teknologi, anak-anak lebih suka mengerjakan tugas atau menyalurkan hobi dan bakat dengan menggunakan laptop, komputer, dan lain sebagainya. Padahal, para ahli menyatakan menulis tangan memberi manfaat positif bagi anak. Apa saja?
1. Melatih kinerja otak lebih optimal
Menulis menggunakan tangan bisa memicu otak lebih cepat menangkap informasi. Otak juga semakin konsentrasi terhadap hal yang sedang dipelajari.
2. Mengurangi resiko kerusakan pada mata
Menulis tangan dapat menurunkan dampak buruk pada mata akibat cahaya elektronik yang dipancarkan dari dari laptop dan komputer.
3. Memperkuat daya ingat otak
Menulis tangan merupakan latihan kognitif yang baik yang dapat memperkuat daya ingat. Otak akan lebih fokus dan konsentrasi saat menulis yang tentu saja akan lebih mudah untuk mengupas kembali memori yang sudah tersimpan lama.
4. Metode penyembuhan trauma
Penelitian menunjukan bahwa menulis tangan dapat mengoptimalkan proses penyembuhan trauma anak. Dengan menuliskan ungkapan hati dan kejadian yang pernah dialami, anak secara perlahan dapat menghadapi rasa takut atau trauma.
5. Melatih motorik dan keterampilan visual pada otak
Menulis tangan melatih koordinasi mata dan tangan. Ketangkasan tangan juga dapat melatih otak dalam mengodekan huruf dari segi bentuk dan bunyinya. Sesuatu yang tidak didapatkan dari mengetik di komputer.
6. Menambah daya kreativitas karya tulis anak
Anak bisa membuat tulisan sesuai pikiran mereka secara bebas. Dengan begitu, daya kreativitas anak dalam menulis dan menggambar akan berkembang dengan baik.

8. Menumbuhkan kesabaran, ketelatenan, dan ketelitian anak
Di sekolah ada beberapa siswa yang hanya meminta file bahan pelajaran dan tidak menyalin tulisan yang diberikan pada saat dijelaskan guru. Hal ini dikhawatirkan bisa membuat anak didik menjadi malas dan tidak mudah memahami pelajaran. Sebaliknya, menulis dapat melatih kesabaran, ketelatenan, serta ketelitian dalam dirinya.

Baca Juga:  Anak Tukang Becak Jadi Wisudawan Terbaik IPK 3,96 Cita-Cita Jadi Guru

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menulis tangan. Jadi, janganlah terlalu banyak menggunakan teknologi canggih, terutama anak-anak Anda. Menulis tangan bahkan dapat membantu anak-anak memiliki kepribadian yang baik seperti yang tiap orang tua harapkan. Orang tua yang bijak tentu mengetahui apa yang terbaik untuk anaknya. (berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar