Otot Pegal Karena Terlalu Banyak Duduk? Atasi dengan Cara Ini

0
37

Siapa bilang kerja dalam ruangan yang mengharuskan duduk seharian tidak lebih melelahkan dibanding kerja lapangan? Kadang duduk seharian dalam ruang justru terasa lebih membuat pegal karena tubuh tidak banyak bergerak lebih dari 6 jam. Belum lagi dengan otot yang jadi kaku dan bahu serta punggung yang sakit. Sehingga membuat persendian menjadi linu dan badan menjadi kaku. Pada saat seperti ini, yang bisa dilakukan adalah mengistirahatkan sejenak badan dari pekerjaan yang melelahkan. Namun,sakit yang ada masih terasa. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi otot pegal-pegal. Anda bisa memilih cara yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan.

Berikut Cara Mengatasi Otot Pegal :

Sakit akibat pegal yang diarsa karena terlalu lama duduk dikursi kerja memang sangat melelahkan. Terlebih itu terjadi setiap harinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar sakit yang kamu alami sedikit berkurang. Yuk simak tips dibawah ini.

pegal
Sumber : cintamela.com

Menggerakan Tubuh

Cobalah lakukan peregangan selama 10-15 menit setiap 2 jam sekali. Anda bisa berjalan kaki atau sekedar meregangkan tangan dan kaki. Dengan Dengan begitu, aliran darah akan lancar dan oksigen bisa mengalir ke otot yang pegal sehingga bisa membantu menguraikan asam laktat. Dan, akan lebih baik jika Anda melakukan peregangan otot atau pemanasan sejenak sebelum bekerja dan duduk berjam-jam di depan komputer.

Pijat dengan Bola Tenis

Tak bisa meminta bantuan orang lain untuk memijat tubuh Anda atau anda terlalu segan untuk meminta bantuan? Anda pijat mandiri dengan menggunakan bola tenis. Caranya mudah sekali. Pijat area tubuh yang pegal dengan bola tenis secara perlahan dengan gerakan memutar.

Baca Juga:  Mengerang Saat Kesakitan Ternyata Bisa Mengurangi Rasa Sakit

Siram dengan Air Es

Saat otot terasa sangat pegal. Tubuh terasa sangat letih. Siram bagian tubuh yang pegal dengan air es. Awalnya mungkin terasa sakit, tapi setelah itu sirkulasi akan lebih lancar di area yang pegal.

Siram dengan Air Es dan Hangat Bergantian

Siramkan air hangat ke bagian otot yang pegal. Diamkan 2 menit. Lalu siram dengan air es, diamkan 30 detik. Ulangi sebanyak 5 kali. Metode ini akan membantu membuka dan menutup pembuluh darah, yang bisa mengeluarkan asam laktat dari otot pegal Anda.

Selain tips-tips di atas, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Minumlah air putih yang cukup karena dehidrasi akan membuat tubuh Anda semakin kram dan rasa pegal bisa makin parah. Setidaknya, konsumilah air putih minimal 8 gelas per harinya agar kondisi tubuh tetap fit.

Tinggalkan Komentar