Tips Agar THR Tidak Menghilang Tanpa Bekas

0
41

Berkah Idul Fitri tak hanya berupa tali silaturahmi saja yang kembali erat, bagi kamu yang sudah bekerja, tentu saja ini berarti kamu akan mendapatkan bonus tambahan dari tempat kerjamu. Tapi seringnya setelah tau akan dapat bonus tambahan, banyak yang kalap menghabiskan THR untuk belanja. Sehingga, bonus yang baru saja didapat habis seketika tanpa bekas. Tak jarang, meski adanya bonus tamabahan namun menyisakan hutang. Karena manajemen uang yang belum baik sehingga hal ini wajar saja. Lalu bagaiamana cara mengantisipasinya. Nah dengan berikut akan diulas trik yang bisa kamu ikuti, agar kamu  bisa  mengatur keuangan dari bonus tambahanmu.

Tips Agar THR Tidak Menghilang Tanpa Bekas dan Terkelola dengan Baik :

Manajamen keuangan memang tidaklah mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Terlebih ketika mengelola bonus THR. Agar kamu tidak menyisakan hutang, yuk simak beberapa tips berikut.
Pisahkan antara gaji dan bonus hari raya

Saat kamu menerima bonus hari rayamu, langsung pisahkan antara gaji dengan bonus. Kamu harus buat kejelasan bonusmu mau diarahkan kemana. Kalau perlu kamu mendata untuk apa saja uang itu digunakan. Contohnya saja untuk bayar cicilan, uang tempel untuk keluarga, zakat atau biaya transport. Dengan demikian, kamu tidak akan menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak jelas dan keuangannmu akan semakin teratur.

THR
Sumber : majalahembun.com

Berbagi rezeqi dengan lainnya

Sebelum uangmu ludes, sisihkan terlebih dahulu beberapa lembar uangmu untuk berbagi pada saudara. Tak perlu banyak-banyak, cukup sesuaikan dengan kemampuanmu, Setidaknya mereka merasakan juga bagaimana jerih payahmu selama setahun.

Membayar cicilan dan tanggungan lain

Setelah menerima bonus hari rayamu, pasti ada yang dipikiranmu bagaimana caranya menghabiskannya dengan berbelanja. Sebelum itu terjadi, lebih baik pikirkan dulu cicilan yang harus kamu lunasi. Dari pada membeli sesuatu yang tidak penting, lebih baik melunasi semua tanggunganmu, sehingga di bulan depan kamu tak direpotkan lagi dengan berbagai cicilan yang ada, dan kesempatan untuk menabung lebih banyak pun datang.

Baca Juga:  Berikut 10 Pujian Wajib Bagi Anak

Sisakan bonus hari rayamu untuk ditabung

Tak peduli itu gaji, bonus, atau tunjangan, satu hal yang harus ingat adalah menabung. Dari pada menghabiskan untuk sesuatu yang bersifat sementara, lebih baik simpan uangmu untuk kebuthan masa depanmu.

Bersihkan Hartamu dengan berzakat

Bagi kamu yang muslim yang mampu, membayar zakat wajib hukumnya. Tak hanya membersihkan hartamu selama setahun, dengan berzakat, kamu juga melatih jiwa sosialmu untuk berbagi dengan yang kurang beruntung.

Hindari mall atau pusat perbelanjaan

Boleh pergi jalan-jalan ke Mall, dengan catatan  kamu sudah memiliki catatan apa saja yang akan dibeli, sehingga nantinya kamu tidak membeli sesuatu yang tidak kamu butuhkan. Saat kamu ke mall, lebih baik bawa uang secukupnya, tinggalkan atm di rumah, dan setelah mendapatkan apa yang kamu butuhkan, lebih baik langsung pulang, daripada menyiksa diri ingin membeli sesuatu yang ‘tidak boleh’ dibeli.

Sebagai modal bisnis

Nah bagi kamu yang ingin memulai usaha taua bisnis, tapi kekuarangan modal, bonus hari rayamu bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menggunakan bonusmu itu untuk bisnis kue kering yang paling digandrungi saat hari raya. Dengan begitu, uangmu akan terus berputar dan tidak menghilang tanpa jejak. Selain itu, hal ini juga bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaranmu.

Tinggalkan Komentar