Berikut 10 Pujian Wajib Bagi Anak

0
42

Sebagai panutan bagi si anak, Para orang tua wajib memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. Terlebih melihat kondisi saat ini membuat orang tua semakin was-was terhadap pergaulan anak-anaknya. Jika anak tidak diberi pendidikan dan kasih sayang yang cukup di rumah, maka potensi anak terjerumus dalam pergaulan yang tidak baik pun semakin tinggi. Salah satu bentuk pendidikan dan kasih sayang yang baik pada anaknya adalah dengan memberinya perhatian dan pujian. Pujian atau perkataan yang baik bisa menjadi salah satu cara orang tua untuk memupuk jiwa anak mereka agar menjadi pribadi yang manusiawi. Jadi berilah ia pujian saat melakukan hal positif. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dan menambah semangatnya untuk selalu melakukan hal yang lebih baik. Berikut pujian-pujian yang yang bisa diberikan untuk anak-anak setiap harinya:

Ucapan Selamat
Memuji anak dan mengucapkan selamat jika anak-anak pandai di sekolahnya. Hal ini tidak hanya berlaku jika anak mendapatkan nilai yang bagus saja. Saat anak-anak rajin belajar dan mengerjakan tugasnya tepat waktu, anda bisa menyemangatiny agar lebih giat belajar. Anda juga bisa memberinya reward atau hadiah agar anak lebih termotivasi lagi.
Memuji anak saat taat beribadah
Berikan pujian ketika si anak mulai melakukan ibadah dengan rutin tanpa harus diarahkan terlebih dahulu, hal ini berguna untuk menambah semangat mereka ketika beribadah
Memuji anak saat mereka mematuhi aturan
Pujian yang diberikan ketika si anak taat akan aturan membuat mereka terbiasa dengan hal-hal baik yang bersifat aturan.
Memuji anak saat mereka bersikap sopan santun pada orang lain
Sopan santun dalam berperilaku tentunya sangat diharapkan oleh para orang tua kepada si anak. Berikan pujian kepada mereka karena telah bersikap sopan lagi santun dalam bergaul maupun bersikap sebagai penghargaan atas sikap mereka.

pujian ke anak
sumber: female.kompas.com

Memuji ketika membantu
Memuji mereka ketika mereka mau membantu temannya, menyanyangi binatang peliharaannya, dan membantu pekerjaan rumah.
Memuji saat mereka membersihkan dan merapikan kamarnya sendiri
Anda bisa memberikan pujian kepada si anak ketika mereka mampu mandiri dengan membersihkan dan merapikan kamar mereka sendiri. Hal ini guna menjaga sikap peduli mereka terhadap kebersihan dan tidak segan mengulanginya.
Memuji saat anak menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya
Berikan pujian ketika anak mulai belajar untuk mandiri, terlebih ketika mereka peduli terhadap kebersihan. Tidak hanya kebersihan diri mereka sendiri, tetapi kebersihan lingkungannya.
Memuji saat anak mulai belajar mandiri
Melihat anak mandiri membuat para orang tua bangga tentunya, karena mereka mampu belajar sendiri tanpa harus membebani yang lainnya.
Memuji anak saat ia tidak mudah cepat putus asa dan belajar dengan ulet
Berikan semangat dan pujian ketika anak melakukan hal-hal positif. Hal ini bertujuan untuk menambah semangat dan motivasi mereka. Pujian dari orang tua merupakan bentuk perhatian yang selalu mereka nantikan.

Tinggalkan Komentar