Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Surga Bagi Para Pendaki

0
50

Bagi anda pecinta wisata alam, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tidak asing di telinga. Taman Nasional Bromo Tenger Semeru adalah salah satu wisata andalan di provinsi Jawa Timur. Taman Nasional ini terletak di wilayah administratif di empat kabupaten, yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Probolinggo. Taman Nasional ini merupakan kumpulan gunung berapi terbesar di Jawa Timur.
Selain gunung bromo yang menjadi tempat destinasi wisata favorit para pendaki, disini juga terdapat gunung tertinggi di Jawa, yaitu gunung Semeru.
Untuk wisata di Gunung Bromo, kegiatan yang paling diminati adalah menikmati insahnya sunrise dari puncak Bromo. Selama perjalan menuju puncak Bromo, para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan, seperti hamparan lautan pasir dan pemandangan spektakuler dari gunung Bromo, Gunung Semeru, dan Gunung Bathok, serta pengalamn menaiki tangga menuju puncak Bromo.
Ada juga wisata alam pendakian Semeru. Gunung tertinggi di Jawa ini juga disebut gunung agung oleh Orang Hindu karena di anggap paling suci di antara gunung-gunung lain di Jawa. Gunung Semeru merupakan gung berapi paling aktif di pulau Jawa, dengan semburan gas-gas dan lava, merupakan pengalaman tak terlupakan bagi para pendaki.
Selain wisata alamnya, disini juga terdapat wisata budaya, yaitu upacara Kasada. Upacara ini dilakukan biasanya pada hari keempat belas di bulan November. Di upacara ini, para masyarakat suku Tengger akan berkumpul di tepi kawah gunung Bromo untuk mempersembahkan persembahan, seperti beras, sayur, atau buah untuk meminta berkah kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sang Hyang Widi Wasa. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)

Baca Juga:  Situs Megalitikum Solor, Bondowoso

Tinggalkan Komentar