Juara Olimpiade Selalu Gigit Medali Saat Difoto? Ini Alasannya

0
249
Foto : playworld.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Pernahkah kamu memperhatikan, ketika seorang atlet menjuarai olimpiade, ia selalu menggigit medalinya ketika difoto. apa sih alasan sebenarnya?

Dilansir dari buzzfeed, presiden dari International Society of Olympic Historian, David Wallechinsky menjelaskan bahwa yang para atlet lakukan tersebut bukanlah kemauan mereka. Mereka menggigit medali tersebut saat di podium dikarena untuk memenuhi tuntutan para fotografer.

‘itu seperti sudah menjadi obsesi para fotografer. Dengan menggigit medali, maka foto akan terlihat lebih hidup’ ungkap Wallechinsky.

atlet2
Foto : brilio.net

Namun jika ditilik dari historis, David W. Lange dari Numismatic Guaranty Coorporation, menjelaskan bahwa menggigit medali diduga dilakukan untuk mengetes keaslian emas. Emas murni pada medali sedikit lunak dan akan terlihat sedikit berbekas setelah tertekan.

Namun, setelah tahun 50an, medali yang diberikan bukanlah emas asli. Pada olimpiade tahun ini, medali yang diberikan memiliki kadar emas 1,34 %, atau sekitar 6 gram emas. Sisanya 93 % perak dan tembaga sebanyak 6 %.

Jadi sebenarnya, mau digigit atau tidak, tidak akan mempengaruhi dalam meneliti keaslian emas. Namun prakter menggigit medali tetap dilakukan sebagai tradisi.

Tinggalkan Komentar