5 Tempat Wisata Edukatif di Lampung

0
445
Foto : id.m.wikipedia.org

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Wisata edukatif menjadi salah satu pilihan bagi traveller yang ingin belajar sembari berwisata. Provinsi Lampung sendiri terkenal akan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) sebagai cagar alam hewan ikon Lampung sekaligus tempat wisata edukatif. Selain TNWK masih banyak lagi nih tempat wisata yang bisa dikunjungi di negeri tanah lada ini. Dimana saja ya tempatnya ?, berikut ini 5  tempat wisata edukatif di Lampung yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi.

  1. Agrowisata Kopi Organik Way Tenong
Foto : bisniswisata.co.id

Lampung merupakan salah satu provinsi penghasil kopi robusta terbanyak di Indonesia. Untuk itu Pemerintah Provinsi Lampung kini telah mengembangkan Agrowisata Kopi Organik yang  berlokasi di Desa Gunung Terang, Way Tenong, Lampung Barat. Kawasan ini sendiri berbatasan langsung dengan hutan lindung Register 45B Bukit Rigis. Disini kita dapat belajar proses pembuatan kopi organik mulai dari penanaman, pemetikan hingga pengolahan dan penyajian. Pengunjung dapat memanen sendiri biji kopi untuk kemudian diolah dan dinikmati langsung. Fasilitas yang ada mulai dari akomodasi, pondokkan, cinderamata, dan fasilitas penunjang lainnya.

2. Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Foto : www.lampung.co

Taman kupu-kupu gita persada merupakan sarana konservasi bagi kupu-kupu Sumatera. Taman ini telah berdiri sejak 20 tahun dan kini memiliki lebih dari 140 jenis kupu-kupu Sumatera. Lokasinya disebuah Desa di kaki Gunung Betung, yaitu Desa Tanjung Manis di Jl. Way Rahman, Kemiling , Bandar Lampung.  Fasilitas yang ada yaitu sangkar kupu-kupu, rumah pohon, children’s playground, museum, kafetaria, serta fasilitas pendukung lainnya. Taman ini buka setiap hari mulai jam 08.00-17.00 WIB. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah per orang untuk dapat menikmati bercengkrama langsung dengan berbagai jenis kupu-kupu.

3. Museum Lampung

Foto : kelakss.blogspot.com

Pengunjung yang ingin mengetahui sejarah provinsi Lampung wajib mengunjungi Museum Lampung. Disini kita dapat belajar tentang kebudayaan, serta peninggalan yang ada di Lampung. Koleksi yang ada diantaranya meriam, rumah adat, kain tapis, alat musik, serta benda bersejarah lainnya. Lokasinya sendiri tak jauh dari Universitas Lampung (Unila) yaitu di Jl. ZA Pagar Alam, Gedongmenenga, Rajabasa, Bandar Lampung. Harga tiket masuk sangat terjangkau, untuk anak-anak hanya 500 rupiah sedangkan dewasa 5 ribu rupiah per orang. Museum buka setiap hari mulai jam 08.00-14.00 WIB.

4. Penangkaran Rusa Tahura WAR

Foto : lampungpost.id

Penangkaran rusa ini berjarak 200m dari Taman Kupu-kupu Gita Persada yaitu di Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung. Harga tiket masuknya hanya  sebesar 10 ribu dan pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan rusa disana. Selain itu disediakan pula taman, wahana bermain serta spot foto bagi para pengunjung. Taman yang sekaligus menjadi tempat konservasi rusa ini sangat cocok sebagai wisata edukatif dan tempat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

5. PKK Agro Park

Foto : fajarsumatera.co.id

PKK Agro Park berlokasi di desa Sabah Balau, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Taman seluas 13 hektar ini ditanami berbagai jenis buah, sayur, dan bunga yang cukup lengkap. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai tanaman dan kebun bunga yang dapat menjadi spot foto. Selain itu pengunjung juga dapat belajar mengenai berbagai jenis tanaman dan memetikknya untuk langsung dikonsumsi. Harga tiket masuknya 3 ribu rupiah per orang, sedangkan 2 ribu rupiah untuk kendaraan bermotor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Jam buka Senin-Jumat hingga pukul 16.30 WIB. Sabtu-Minggu pukul 17.00 WIB.

Tinggalkan Komentar