Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner ini Kalau Lagi di Lampung!

0
59
Foto: dialeksis.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Kota Bandar Lampung yang jaraknya cukup dekat dengan ibukota menjadikan kota tapis berseri ini banyak didatangi oleh wisatawan. Selain memiliki wisata alam yang terkenal, anda juga dapat mencicipi berbagai macam kuliner khas lampung yang rasanya sulit untuk anda lupakan. Berikut adalah 7 kuliner khas lampung yang enak, murah dan patut untuk di coba.

  1. Seruit
Foto: pesona.travel

Jika anda menyukai kuliner dengan rasa yang pedas dan unik, anda bisa mencoba sajian seruit. Seruit adalah olahan makanan atau yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga. Anda dapat mencicipi kuliner ini di  Rumah Makan Rusdi Gendut. Rumah makan ini terletak di Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi, Bandar Lampung. Lokasinya cukup strategis karena terletak di pinggir jalan utama.

2. Keripik Pisang

Foto: travel.tribunnews.com

Jika anda menyukai makanan manis, maka anda harus mencoba keripik pisang khas lampung yang mempunyai aneka ragam rasa. Bagi anda yang berkunjung ke Bandar Lampung, anda dapat menemukan sentral penjualan keripik pisang di sepanjang rute Pagar Alam. Harga yang dibanderol pun cukup murah, mulai dari 10.000 rupiah.

3. Kopi Lampung

Foto: liputan6.com

Tidak lengkap rasanya jika belum mencoba segelas kopi Lampung jika bertandang ke Provinsi Lampung. Karena kopi robusta lampung banyak digemari oleh masyarakat dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu kedai kopi yang sudah melegendaris di Lampung adalah Warung Kopi Bola Dunia yang berada di Jalan Kartini, tepatnya di seberang Rumah Makan Padang Garuda.

4. Tempoyak

Foto: cookpad.com

Makanan khas lampung yang satu ini terbuat dari bahan dasar durian yang telah difermentasi. Tempoyak biasanya dijadikan sebagai bahan pelengkap dari makanan seperti sambal dan pindang. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, tetapi hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri.

Baca Juga:  Fermentasi Ikan Peda

5. Geguduh, tempo.co

Foto: tempo.co

Selain keripik pisang, geguduh juga merupakan salah satu makanan khas dari lampung yang memiliki cita rasa yang manis dengan bahan dasar pisang. Makanan ini berbentuk seperti kue yang cocok untuk disajikan bersamaan dengan kopi atau saat berkumpul dengan keluarga.

6. Pie Pisang, yussyakmal.com

Foto: yussyakmal.com

Kudapan manis lainnya yang berbahan dasar dari pisang adalah pie pisang. meskipun pie pisang ini sudah banyak dijual dibeberapa tempat namun, pie pisang asli Lampung memiliki rasa yang berbeda dan khas. Untuk mendapatkan pie ini juga tidak sulit karena banyak toko oleh-oleh khas Lampung yang menjual makanan manis ini. Harga yang ditawarkan mulai dari 40.000-50.000 rupiah.

7. Lapis Legit

Foto: wadaya.rey1024.com

Kue lapis legit merupakan salah satu makanan yang wajib dimiliki pada saat hari raya di Lampung. Kue ini memiliki cita rasa yang khas yang terbuat dari beberapa campuran bahan seperti telur susu dan mentega. Harga dari lapis legit pun beragam mulai dari 100.000-150.000 rupiah.

Tinggalkan Komentar