11 Manfaat Daun Binahong untuk Berbagai Gangguan Kesehatan

0
181
https://www.sehatq.com/artikel/kenali-manfaat-daun-binahong-tapi-jangan-konsumsi-berlebihan

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Beberapa masyarakat Indonesia masih asing dengan daun binahong yang merupakan salah satu tanaman obat. Berasal dari Korea, binahong sudah cukup lama ada di Indoesia dan dapat disebut gondola (Besella Rubra Linn).  Tanaman ini dapat tumbuh baik di ligkungan yang dingin dan lembab. Beberapa manfaat yang terkandung dalam daun binahong antara lain:

  1. Mengatasi masalah kulit

Daun binahong bagus untuk kulit wajah karena dapat mengatasi jerawat. Kandungan daun binahong secara efektif dapat membunuh bakteri yang menyebaban timbulnya jerawat juga dapat mengatasi komedo yang menghitam dengan cara mengguakan masker.

  1. Mengobati mag

Dengan mengkonsumsi daun binahong, maka asam lambung akan menjadi normal kembali. Selain itu, manfaat binahong juga untuk antioksidan yang efektif menangkal radiasi bebas dari tubuh anda.

  1. Mengatasi asam urat

Manfaat daun binahong dipercaya dapat secara aktif mengatasi asam urat pada sendi tubuh. Kandungan zat pada daun binahong akan menetralisir asam urat yang tinggi pada persendian. Cara mengkonsumsi binahong untuk obat yaitu dengan minum air rebusan seara rutin.

  1. Mengatasi kolesterol

Daun binahong akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Koleserol tinggi yang dibiarkan  dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke. Manfaat binahong untuk kolesterol juga sangat mudah anda dapatkan, hanya dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin hingga kolesterol jahat hilang dari tubuh.

  1. Mencegah diabetes

Daun binahong mengandung  senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes melltus.

  1. Mengobati sesak napas

Daun binahong mampu membersihkan saluran pernapasan terutama lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mempu membersihkan, kandungan antibakterinya juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan akut.

  1. Mengatasi anemia

Anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh, nah daun binahong mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Karena itu, bagi anda yang memililiki riwayat darah rendah, binahong menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

  1. Mengobati batuk

Kandugan dalam ramuan daun binahong ini terdapat senyawa antibakterial yang bias membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Meminum air rebusan daun binahong menjadi salah satu  alternatif untuk mengobati batuk.

  1. Mengembalikan stamina yang hilang

Daun binahong mengandung binahong cathecin, yaitu janis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung, manfaat binahong juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan. Daun binahong cocok dikonsumsi oleh anda yang sering menjalani aktivitas yang berat. Minum satu gelas air rebusan binahong, maka stamina anda akan kembali lagi.

  1. Mempercepat proses penyembuhan luka

kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain luka, kandungan anti-inflamasinya juga membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

  1. Mengatasi masalah haid

Sedangkan untuk para wanita, khasiat daun binahong baik untuk mengatasi masalah haid. Bagi Anda yang mengalami masalah seputar menstruasi seperti terlambat haid, nyeri, atau keputihan, konsumsilah ramuan daun binahong secara teratur. Kandungan zat besi dan mineral lainnya efektif dalam melancarkan haid.

Tinggalkan Komentar