Mau Liburan Lebih Hemat? Simak 5 Tips Ini

0
26

Apakah Anda ingin liburan lebih hemat? Hal seperti ini tentu jadi impian banyak orang. Bisa jalan – jalan ke tempat yang menarik tapi tidak keluar banyak uang, tentunya lebih menyenangkan. Pilihan seperti ini tentu ada dalam model liburan ala backpacker.

Sayangnya, tidak banyak orang tidak siap melakukan hal ini karena berbagai faktor. Mulai dari alasan takut melakukan perjalanan sendiri, tidak bisa melakukan perencanaan dengan benar sampai tidak mau pusing mencari tiket – tiket sendiri terkadang jadi penghalang seseorang liburan hemat. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana liburan lebih hemat ala backpacker ini, mari simak 5 tips berikut ini:

Belajar Soal Lokasi – Lokasi Wisata Murah Meriah

Tips pertama ini sebenarnya adalah hal yang paling sering dilupakan oleh banyak orang. Liburan tentu bisa dilakukan di banyak tempat di Indonesia, tapi kebanyakan orang lebih memilih tempat populer yang bisa mahal harganya.

Contoh saja liburan ke Bali. Biaya jalan – jalan ke sini tentu akan tinggi karena terpengaruh harga wisatawan mancanegara. Tapi apakah Anda tahu soal liburan di Pulau Sumba NTT? Di sini pantainya juga masih asri, tapi banyak orang tetap memilih ke Bali daripada lokasi yang cukup murah dan indah ini.

Buat Rencana Perjalanan yang Dekat Untuk Hemat Transport

Jika tidak ingin buang waktu panjang di jalan dan keluar banyak uang, Anda harus buat perencanaan yang matang untuk rute wisata. Jika pilih lokasi wisata yang saling berdekatan, Anda tidak hanya bisa mengunjungi banyak tempat dalam satu hari tapi juga bisa akses tempatnya hanya dengan jalan kaki.

Hal seperti ini memang tidak bisa dilakukan untuk setiap tempat wisata. Tapi jika bisa mengatur rute perjalanan dengan baik, tentu keuntungannya bisa lebih banyak daripada asal mengunjungi tempat yang populer saja.

Bawa Bekal yang Tahan Lama

Jika tidak ingin keluar banyak uang untuk makan selama perjalanan, Anda bisa bawa beberapa bekal yang awet selama perjalanan. Bahan makan ini bisa dikonsumsi sebagai camilan ataupun pengisi perut dalam waktu darurat.

Contoh bekal yang awet ini bisa berupa cup mie tinggal seduh, minuman sereal, protein bar, daging jerky, abon, sosis siap makan dan lain – lain lagi. Bagi para backpacker professional, mereka bisa kombinasikan hal ini sambil kulineran murah. Contoh saja ada warung makan hidangan tradisional tempat wisata tersebut. Jika hidangan kurang mengenyangkan, mereka bisa makan bekal sambil menikmati hidangan otentik tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak pesan menu di tempat wisata. 

Cari Review Soal Penginapan

Tips berikutnya yang wajib dilakukan jika ingin liburan lebih hemat adalah cari dan pelajari review penginapan. Review ini tentu disesuaikan dengan lokasi tujuan wisata Anda. Sebisa mungkin cari tempat yang reviewnya bagus tapi juga murah harganya.

Review ini juga bisa memberikan informasi fasilitas apa yang ada disitu dan bagaimana situasi lingkungannya. Misal saja Anda temukan tempat menginap yang hanya ada kasur, meja, kursi dan kamar mandi saja, tapi harganya murah serta dekat lokasi wisata. Sebagai backpacker pilihan itu sudah tepat. Anda tidak perlu banyak layanan asalkan bisa tidur murah untuk beberapa malam selama liburan.

Selalu Pantau Promo – Promo Tiket

Jika ingin jalan – jalan murah, harga tiket untuk menuju ke lokasi wisata harus dipikirkan baik. Dalam mendapatkan tiket murah ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan pesan dari jauh – jauh hari. Pesan tiket dari waktu lama tentu bisa memberikan pilihan harga yang lebih ringan dibandingkan pesan mendadak.

Untuk cara kedua adalah dengan menggunakan promo – promo tiket. Untuk promo ini Anda harus bisa cari sendiri. Terkadang beberapa jasa penyedia tiket tidak mengumumkan dengan luas jika sedang ada promo.

Kunci untuk selalu update soal ini adalah dengan menggunakan aplikasi pembelian tiket. Contoh aplikasi yang sering memberikan promo ini adalah Traveloka. Anda bisa coba lihat artikel – artikel yang membahas promo tiket Traveloka pesawat murah. Bahasannya tentu ada banyak karena Traveloka adalah raja-nya berikan harga murah untuk tiket wisata.

Sekian bahasan tentang tips – tips agar liburan lebih hemat. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan selamat liburan!

Baca Juga:  Tips Dapat Tiket Pesawat Murah

Tinggalkan Komentar