Burung Cendrawasih, Burung Dari Surga

0
1813

Begitu melihat foto dari Burung Cendrawasih, satu kata yang menggambarkan rasa takjub pada hewan yang satu ini, cantiknyaaaa…. Bulu-bulunya yang berwarna-warni memiliki dua jenis, bulu di sayap yang memiliki warna terang seperti merah dan kuning, dan bulu-bulu halus panjang menjuntai di bagian ekor. Luar biasa ciptaan Tuhan yang satu ini, saking indahnya sampai-sampai mendapat julukan “Burung dari Surga”.

Habitat mereka banyak ditemukan di bagian Indonesia Timur seperti di Papua atau pulau-pulau di selat Torres, hewan yang merupakan anggota famili Paradisaeidae ini ada beberapa jenisnya dengan ukuran beragam. Namun yang paling populer yakni Cendrawasih kuning-besar, Paradisaea Apoda jenis ini kerap dibawa ke benua Eropa untuk kemudian dijadikan hiasan.

cendrawasih-2

Jumlahnya yang tidak banyak ditambah aktivitas perburuan liar demi keuntungan materi tanpa mempertimbangkan kelestarian habitatnya membuat burung ini terancam punah, sayang sekali padahal dari hasil perkawinan jantan betina jenis burung ini hampir selalu hanya menghasilkan satu telur saja. Apalagi menurut sejarahnya, burung-burung cendrawasih yang dijual ke luar Indonesia ini selalu dalam keadaan tanpa kaki, miris! Cendrawasih memang banyak jenisnya, namun mereka mempunyai ritual kawin yang rumit, mungkin ini menjadi salah satu faktor lain mengapa keberadaannya sekarang makin susah ditemukan. (Teks: Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: fotohewan.blogspot.com)

 

Tinggalkan Komentar