Plecing Kangkung dan Ayam Taliwang Khas Nusa Tenggara Barat

0
70

Berbicara soal makanan khas, Lombok, Nusa Tenggara Barat punya sajian istimewa bernama Plecing Kangkung dan Ayam Taliwang. Kangkung asli dari Lombok memang terkenal enak. Lembut  dan tidak alot, kalau Ayam Taliwang sekilas mirip ayam betutu, mungkin karena memang bertetangga dengan Bali maka karakter makanan pun memiliki kemiripan. Bagi anda khususnya pecinta makanan pedas, wajib mencoba kuliner yang satu ini, lebih menyenangkan lagi sekarang sudah banyak rumah makan yang menyajikan menu ini jadi tidak perlu jauh-jauh ke Lombok, meskipun jika ada kesempatan untuk bertandang kesana, jangan lupa hunting menu ini supaya lebih afdhol mencicipi masakan khas dari daerah asalnya langsung.

Umumnya untuk menu Ayam Taliwang ini yang dipakai adalah ayam kampung yang berusia kira-kira  5 bulan, ukurannya memang kecil, namun kualitas dagingnya oke.Umumnya jenis olahan terbagi menjadi Ayam Taliwang Bakar juga goreng, untuk yang goreng biasanya digoreng kering sehingga kulitnya pun renyah. Sebelumnya ayam dibumbui bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, gula, dan bumbu lainnya terlebih dahulu, kemudian penyajiannya disiram bumbu (bentuknya mirip bumbu kacang) yang rasanya pedas itu, gurih pedas yang nyamleng di lidah.

aci-kuliner-ntb-detik_IMG_68411

Tidak lengkap rasanya bila mencicipi Ayam Taliwang tidak dibarengi dengan Plecing Kangkung. Kangkung yang direbus dengan tambahan tauge, kacang panjang yang juga direbus kemudian disiram sambal tomat yang diberi sedikit terasi kemudian ditaburi kacang tanah goreng, hampir serupa pecel, Cuma beda sambal yang dipakai saja. Rasanya enak, segar…dimakan bersama Ayam Taliwang pedas plus nasi putih hangat, membuat makan siang / makan malam anda terasa lebih istimewa. Harganya pun terjangkau, untuk satu ekor Ayam Taliwang biasanya harganya mulai Rp. 28.000,-/ekor, Plecing Kangkung per porsi Rp.5000,- (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: vacatianto-indonesia.blogspot.com; jalanjalanindonesia.com; indonesia.travel.com)

Tinggalkan Komentar