Kebun Binatang Moderen Taman Safari Indonesia, Puncak, Bogor – Jawa barat

0
82

Tempat rekreasi keluarga yang  mengusung konsep alam liar atau berwawasan lingkungan serta berorientasi pada habitat satwa di alam bebas ini letaknya di kawasan puncak, tepatnya Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Objek wisata ini bisa dibilang salah satu pelopor objek wisata Nasional di Indonesia, karena sudah dibangun sejak tahun 1980.  Dibangun diatas kebun teh yang sudah tidak produktif, tempat rekreasi ini difungsikan juga untuk menyangga Taman Nasional Gunung gede Pangrango. Di tahun 1990 tepatnya tangga 16 Maret Taman ini ditetapkan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Menteri Kehutanan yang menjabat di masa itu, Hasyrul Harahap. Secara keseluruhan, Taman Safari Indonesia memang perpadua wisata alam dengan kebun binatang modern.

Di area kebun binatang ini dihuni ratusan bahkan ribuan satwa yang kebanyakan adalah satwa yang dilindungi, asalnya ada yang dari Indonesia, atau dari benua-benua lainnya, jadi Taman Safari memiliki fungsi tidak hanya melindungi dan melestarikan habitat satwa-satwa yang jumlahnya makin sedikit di bumi ini melainkan pula meningkatkan ilmu pengetahuan dengan melakukan banyak rangkaian kegiatan penelitian yang mendukung gerakan pelestarian satwa tersebut, kita sebagai pengunjung juga terkadang dibekali penyuluhan, pendidikan, atau kampanye tidak langsung mengenai aktivitas konservasi. Disini anda akan melihat berbagai jenis satwa dibiarkan berkeliaran bebas seperti di habitat aslinya, dengan mengendarai kendaraan anda akan menyusuri rute untuk melihat aneka satwa yang menjdi penghuni taman rekreasi ini. Anda akan disuguhi keindahan panorama berpadu suasana sejuk kawasan pegunungan plus atraksi satwa yang menarik yang akan memberikan kesan tersendiri bagi liburan anda. Serunya lagi, selain wisata alam, banyak fasilitas rekreasi lain yang sayang untuk anda lewatkan misalnya sepeda air, kolam renang, kereta api mini, gokart, bus safari, bom bom car, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga:  Bersantai di Pemandian Air Panas Cangar, Batu, Malang - Jawa Timur

ee760d1c1474fde7f8f71a96b2452e29_XL

Dan yang idak kalah unik, Taman Safari Indonesia dapat anda kunjungi pada waktu malam hari. Safari Malam memiliki moto “Truly Adventure” ini merupakan program baru yang diadakan manajemen Taman safari Indonesia. Anda akan diajak berkeliling kawasan taman rekreasi menggunakan kereta wisata hanya dengan penerangan yang menyala remang-remang, dengan suasana yang tidak cukup terang menyusuri lokasi satwa tentu membuat anda deg-degan antara penasaran dan sedikit rasa takut. Ini tidak hanya sekedar alternatif hiburan tetapi juga akan menjadi sebuah pengalaman menari bagi anda dan keluarga. Tercipta suasana menegangkan, cukup mencekam yang seru saat anda melihat sendiri bagaimana zebra, unta, beruang coklat, harimau, singa, cheetah, dan lain-lain di waktu istirahat mereka, meski dilarang menggunakan kendaraan pribadi, tersedia kendaraan khusus yang sudah disediakan manajemen Taman Safari, dan jangan kuatir, anda dan keluarga tentunya akan didampingi oleh pemandu. Setelah itu anda akan disuguhkan pertunjukkan aneka satwa di panggung terbuka, sirkus, fire dance, berfoto bersama beberapa satwa seperti ular, harimau, atau orang utan. Fasilitas Safari Malam sementara hanya dapat dinikmati di akhir pekan atau musim libura saja. Mau menikmati suasana siang hari ataupun malam hari di Taman safari Indonesia ini sama asyiknya, pengalaman yang seru serta berbeda akan anda dapatkan baik siang maupun malam.

Ongkos tiket masuk mulai Rp. 25.000 (untuk dewasa). Buka setiap hari sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Untuk tiket Safari Malam harga tiket bagi orang dewasa mulai Rp. 35.000,-. Tersedia juga harga paket bagi anda yang ingin berkunjung dengan membawa rombongan yang anggotanya banyak. Penginapan di sekitar taman wisata ada banyak, misalnya Taman Safari Lodge, Puncak Pass Resort, Buena Vista Boutique Hotel, dan banyak lagi. Untuk mencapai lokasi, semisal anda dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, ambil jalur ke tol jagorawi – ke luar tol Ciawo dan ambil arah ke Cisarua Puncak Bogor lalu belok kanan di pertigaan Simpang safari, lama perjalanan sekitar 60 menit.

Baca Juga:  Gunung Api Purba Nglanggeran

taman-safari4

Jika anda dari luar kota menggunakan pesawat terbang, anda dapat naik bus damri jurusan Bogor kemudian naik angkutan jurusan Cianjur, turun di pertigaan Simpang safari, naik angkutan menuju Taman Safari Indonesia. Jika naik kereta api, naiklah jurusan kereta api tujuan Bogor, kemudian naik angkutan umum 02 jurusan Sukasari, lalu naik lagi angkutan 02 jurusan Cisarua turun di Simpang Safari, naik kendaraan menuju lokasi. Bagi anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, tersedia Bus Safari untuk dipakai berkeliling lokasi satwa secara gratis. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: selerawisata.blogspot.com; portalbandung.com; bandung.panduanwisata.com)

Tinggalkan Komentar