Melihat Kegiatan Penyu Bertelur di Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

0
70

Pantai yang satu ini tidak hanya indah namun juga menjadi lokasi konservasi bagi habitat penyu khususnya penyu hijau yang memang semakin terkikis keberadaannya. Pantai indah ini terletak di Kecamatan Ciracap daerah Sukabumi Selatan, Jawa Barat. Dari kota Sukabumi saja anda butuh waktu sekitar 4 jam untuk bisa mencapai pantai ini, kalau dari Jakarta jarak tempuhnya sekitar 6 -7 jam perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, agak lama memang karena anda harus melewati kota kecil seperti Cicurug dan Cibadak yang rawan macet, lalu menuju arah Pelabuhan Ratu dan bertemu jalanan menanjak juga berkelok namun memiliki panorama alam yang indah, lalu anda harus melewati beberapa kota kecil yakni Kiara Dua, Jampang Kulon, dan Surade.

Pantai yang bersih ini memiliki air yang jernih, kebiruan, ombaknya terbilang besar namun masih aman untuk berenang di tepiannya, lingkungannya masih terjaga, anda akan terpesona menyaksikan matahari terbit / terbenam di pantai ini, bagi pecinta fotografi ini merupakan objek yang sangatlah menarik.

Pesona-Pantai-Pangumbahan-dan-Proses-Penyu-Bertelur-3g

Tidak sedikit pula wisatawan yang berselancar di pantai ini. Di malam hari, jika beruntung anda bisa melihat penyu hijau bertelur, hewan ini menyimpan telurnya dengan menggali lubang di pasir-pasi putih di pinggiran pantai kemudian menutupnya lagi. Sebelum penyu melakukan ritual bertelurnya, biasanya pengunjung disarankan untuk tenang dan tidak membuat kegaduhan, lebih baik lagi jika tidak membawa penerangan, karena bisa membuat penyu-penyu tersebut enggan bertelur dan kembali ke laut. Musim bertelur penyu antara bulan Agustus-Maret, pada musim ini ada puluhan penyu yang bertelur, melepas anak penyu juga merupakan sajian menarik berwisata di wilayah pantai ini, sekaligus pembelajaran bagi kita untuk ikut melestarikan makhluk hidup.

Baca Juga:  Pantai Pasir Padi, Satu Lagi Kekayaan Wisata Bahari di Bangka Belitung

Disamping itu, Pantai Ujung Genteng ini juga surga bagi para pemancing, habitat ikan lautnya masih banyak dan variatif. Jika anda berencana menginap jangan kuatir, sudah banyak penginapan tersedia di area sekitaran pantai dengan harga yang relatif terjangkau. Diantaranya ada Amanda Ratu, Deddy Losmen, Pondok Hexa, Villa Ujang, dan banyaklagi lainnya. Kuliner dengan sajian sea food yang menggoda juga banyak di daerah ini, lengkapi pengalaman liburan anda dengan mencicipi hidangan seafood istimewa di Pantai Ujung Genteng. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto:pantai.org; amatirmncobaberkarya.devianart.com)

 

Tinggalkan Komentar