Menikmati Surga di Pulau Kanawa

0
44
Foto Ig By @anungadithya17

Tak jauh dari Taman Nasional Komodo, terdapat sebuah pulau yang berair jernih penuh dengan ikan dan dikelilingi oleh terumbu karang. Inilah Pulau Kanawa. Pulau tropis seluas 28 hektar ini mempunyai dua pantai pasir putih dan sebuah teluk. Dengan bukit di tengah pulau, memudahkan wisatawan untuk menikmati indahnya alam Taman Nasional Komodo serta pulau-pulau sekitarnya.

Terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo yang merupakan pintu masuk Pulau Komodo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Dengan menggunakan kapal motor nelayan, wisatawan akan dibawa menuju Pulau Kanawa selama satu jam melintasi laut. Sedangkan dengan kapal cepat hanya 10 menit.

Pada saat ini, Pulau Kanawa itu sendiri dikelola oleh Kanawa Island Resort yang dimiliki oleh warga Italia. Resor ini terdapat di bagian selatan pulau, sedangkan untuk bagian utara pulau dibiarkan alamai untuk melindungi flora dan fauna asli pulau ini. Kemudahan bagi wisatawan yang ingin berlibur di tempat ini. Selain bisa menyewa resort yang disewakan oleh pengelola, wisatawan juga bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang disediakan oleh pengelola.

Terdapat banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Kanawa. Wisatawan bisa menghabiskan hari dengan bersantai di atas hammock, berkemah, bermain voli pantai, tracking ke atas bukit, snorkeling, menyelam, atau menikmati pemandangan langit di malam hari.

Menyelam dan snorkeling di Pulau Kanawa akan membawa sensasi tersendiri. Pulau Kanawa yang berjulukan ‘akuarium raksasa’ tersebut memang sangat hidup, wisatawan bisa melihat gerombolan ikan tuna berenang bersama, barakuda, ikan badut, kumpulan anemon, dan berbagai ikan pelagis.

Tidak main-main untuk fasilitas snorkeling dan diving, pengelola resor memiliki dive centre bersertifikat PADI. Wisatawan bisa menyewa alat beserta pemandu. Pengelola juga menyediakan paket-paket menyelam ke spot favorit seperti Manta Point, Batu Bolong, Pulau Tatawa, Pulau Siaba, serta paket snorkeling ke Pulau Sebayur, Pulau Sebolo, dan Pulau Kelor. (HC) 

Tinggalkan Komentar