Telaga Sarangan, Wisata Andalan Kabupaten Magetan

0
37
Foto : putratravel.net

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Telaga yang dikenal dengan nama telaga pasir ini merupakan sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Telaga yang berjarak sekitar 16 kilometer dari kota Magetan atau 5 kilometer dari objek wisata Tawangmangu ini mempunyai luas sekitar 30 hektar dan mempunyai kedalaman sekitar 28 meter.
Telaga sarangan merupaka obyek wisata andalan kota magetan. Dengan udara yang cukup sejuk, telaga ini cocok untuk dijadikan tempat wisata dan berkumpul bagi keluaraga dan teman-teman.  Wisatawan dapat menikmati telaga tersebut dengan berkuda atau mengendarai speed boat mengelilingi telaga Sarangan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan telaga sarangan pada malam hari, disekitar telaga terdapat banyak sekali pilihan hotel dan pondok wisata, mulai dari hotel berbintang hinga hotel kelas melati. Di sana juga terdapat puluhan kios cindera mata bagi para wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh dan cinderamata khas telaga sarangan.
Selain fasilitas penginapan dan toko-toko cinderamata, telaga sarangan juga memiliki banyak fasilitas lainnya seperti rumah makan, tempat bermain, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah dan taman. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas di sekitar telaga sarangan, sate kelinci patut untuk dicicipi.
Untuk berpetualang mengelilingi telaga, pengelola juga menyiapkan layanan jasa untuk menyewa perahu dan becak air. Terdapat sekitar 51 perahu motor dan 13 becak air yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk menjelajahi telaga sarangan. Terdapat waktu-waktu tertentu yang penting bagi telaga sarangan, di antaranya yaitu ‘labuh sesaji’ dan ‘ledug sura’.

Baca Juga:  Mengeksplor Objek Wisata yang Variatif di Pulau Bintan

Tinggalkan Komentar