Kemegahan Taman Nasional Lorentz

0
47

Taman Nasional yang terletak di provinsi Papua dan memiliki wilayah sekitar 25.000 km² , merupakan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara. UNESCO menerima taman nasional ini sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 1999. Di Taman Nasional Lorentz juga terdapat proyek konservasi Taman Nasional Lorentz yang terbentuk dari inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Lorentz.
Taman Nasional Lorentz adalah salah satu Taman Nasional terlengkap yang mewakili keanekaragaman hayati di Asia Pasifik. Kawasan Taman Nasional Lorentz juga merupakan salah satu dari tiga tempat di dunia yang memiliki gletser di kawasan tropis. Dengan ekologis-ekologis menakjubkan yang dimiliki kawasan ini seperti kawasan Vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, Dataran Rendah, dan lahan basah.
Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, jenis-jenis satwa yang sudah diidentifikasi di Taman Nasional Lorentz sebanyak 630 jenis burung dan beberapa jenis satwa mamalia.
Selain itu, Taman nasional ini juga memiliki keanekaragaman  budaya-budaya yang mengagumkan. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat.
Cara Pencapaian Lokasi :
Dari kota Timika ke bagian Utara kawasan menggunakan penerbangan perintis dan ke bagian Selatan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi.
Kantor : Jl. Raya Abepura Kotaraja PO Box 1217
Jayapura 99351, Papua Barat
Telp. (0967) 581596; Fax (0967) 585529
 
(Hikari Chan/inloveindonesia.com)(foto: galeriwisata.wordpress.com)
 

Baca Juga:  Trans Studio Bandung, Tempat Rekreasi Yang Memacu Adrenalin

Tinggalkan Komentar