Pantai Hunimua, Satu dari Sekian Banyak Keindahan di Ambon

0
40
Foto : pemudamaritim.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Pantai Hunimua atau dikenal juga dengan nama Pantai Liang, karena letaknya di desa Liang. Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku kira-kira 2 jam dari kota Ambon walaupun banyak menemui jalan berkelol namun aspal jalannya sudah bagus. Pantai Liang / Hunamia ini merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Maluku, pada tahun 1990 patai ini pernah dinobatkan sebagai pantai terindah versi UNDP – United Nations Development Programme, meski saat ini keindahannya mungkin sudah digeser oleh pantai-pantai lain namun berkunjung ke Pantai Hunimua, Liang ini akan selalu menggoreskan kesan dan pengalaman tersendiri. Anda akan menemukan demaga kayu sederhana yang menambah lengkap suasana pantai, banyak yang berloncatan dari sini untuk terjun ke perairan,

meski tidak menawarkan fasilitas pantai seperti misalnya di Bali, pantai Hunimua ini tetap menawan hati wisatawan.

Daya tarik pantai ini tentu airnya yang jernih kebiruan, pantai dengan pasir putih sepanjang 1 km ini dikelilingi pepohonan hijau yang kontras dipandang mata namun menyegarkan, pemandangan ini tentunya bisa menjadi pemuas hobi fotografi anda karena setiap sudut wilayah pantai sayang bila tidak diabadikan dalam kamera andalan anda, selain itu tidak mungkin anda tidak tergoda untuk berenang atau sekedar bermain air begitu sesampainya di pantai ini. Pantai Hunimua ini amat ramai bila musim liburan tiba, kunjungan yang pas adalah ketika pombak tidak terlalu besar, kisaran bulan April-Mei atau September-Oktober setiap tahunnya. Pesona pantai di Liang ini sempat menjadi incaran investor asing untuk membangun resort demi menggenjot potensi pariwisata pantai ini, namun rencana tersebut urung menjadi nyata karena adanya penolakkan dari penduduk setempat, meski begitu pantai cantik ini tetap membawa keuntungan bagi warga yang tinggal disekitarnya. Untuk mencapai kawasan ini memang bisa dibilang tidak begitu sulit apalagi sejak beropersinya Bus Trans Amboina yang tarifnya juga terjangkau, namun bila anda punya dana untuk menyewa kendaraan, mungkin akan lebih nyaman.

Baca Juga:  Waduk Penjalin Brebes, Waduk yang Sudah Ada Sejak Jaman Belanda

Untuk penginapan sendiri tersedia di kawasan obyek wisata terdekat dari Pantai Hunimua yakni Pantai Natsepa karena di Liang sendiri belum ada penginapan, bisa saja anda mndirikan tenda, namun harus minta ijin pihak terkait juga penduduk setempat. Disekitar kawasan pantai anda akan menemui banyak kios sederhana yang menjual makanan serta minuman, jangan lupa untuk ikut menjaga kebersihan pantai selama anda berkunjung ke pantai ini ya.

Tinggalkan Komentar