Kue Serabi, Pancake ala Indonesia

0
281

Anda tahu dong ya Kue Serabi, jajanan pasar atau jajanan khas Indonesia ini mudah dijumpai dimana saja. Banyak yang menganggap Serabi adalah Pancake ala Indonesia, namun bedanya bahan Serabi sendiri menggunakan tepung beras dan santan kelapa yang kemudian dibakar dengan alat khusus yang terbuat dari tanah liat diatas bara api lalu setelah matang disajikan dengan disiram gula merah cair, hmmm…nikmat apalagi dimakan selagi hangat. Kue Serabi sendiri punya banyak variasi, beda daerah biasanya beda karakteristik jenis dan penyajiannya, namun bahan dasar serta serabi originalnya tetap sama, kalau surabi plain dengan kuah gula cair dikenal dengan serabi Jawa Tengah, biasanya Kue Serabi dinikmati pada waktu pagi hari sebagai menu sarapan bersama secangkir teh manis hangat. Teksturnya yang empuk serta lembut membuat makanan ini jadi favorit siapa saja.

Seperti yang sudah disebutkan tadi diatas, biasanya beda daerah beda pula konsep penyajiannya, berikut beberapa jenis Kue Serabi yang paling populer di Indinesia :

  • Serabi Bandung

Serabi Bandung atau lebih dikenal dengan nama Surabi Bandung biasanya lebih tebal daripada serabi lainnya, ukurannya juga sedikit lebih besar, dibuat dengan bahan dasar utama namun ada juga yang memodifikasinya dengan tepung terigu, kelapa dan telur. Serabi Bandung berwarna putih, setelah dibakar di wadah tanah liat khusus, surabi dibagi menjadi dua kategori, manis atau asin, yang asin biasanya diberi topping seperti telur, kornet, juga oncom. Tapi kalau surabi manis biasanya toppingnya berupa keju susu, meses coklat, ataupun fla strawberry.

  • Serabi Solo

Serabi Solo lebih lembut dan tipis dibandingkan Surabi Bandung, bahan dasar tepung beras plus santan kelapa tidak jarang ada yang menambahkan daun pandan supaya punya rasa dan aroma yang khas, kemudian adonan dibakar juga, biasanya dilengkapi dengan potongan pisang, ditaburi meses atau potongan buah nangka.

  • Serabi Surabaya, Rasanya gurih dan dimakan dengan kuah santan yang rasanya manis
Baca Juga:  Rujak Kuah Pindang, Si Segar dari Bali

Itulah beberapa varian serabi asal daerah di Indonesia, anda ingin menambahkan mungkin varian kue serabi asal daerah anda tinggal atau yang anda ketahui ? boleh ditambahkan informasinya J. (Arsica Meir/inloveindonesia.com) (Foto: patriciaangelika.ordpress.com)

Tinggalkan Komentar