Bendungan Wonorejo, Daya Tarik Baru di Tulungagung

0
45
Foto : jejakpiknik.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Waduk atau Bendungan Wonorejo adalah salah satu bendungan terbesar se-Asia Tenggara dengan luas 3,85 juta meter persegi, bendungan ini berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, kira-kira kalau dari kota Tulungagung jaraknya 12 km. Bendungan luas berair tenang ini dikelilingi suasana alam yang hijau menyegarkan. Hal ini menjadi daya pikat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata baru yang jadi primadona warga Tulungagung dan sekitarnya ini.

Diresmikan tahun 2001 tepat pada tanggal 21 Juni bendungan ini sudah dilengkapi fasilitas dan sarana penunjang bagi wisatawan seperti restoran, penginapan, taman rekreasi bagi keluarga serta jalur komunikasi yang nyaman dan mumpuni untuk dilalui berbagai jenis kendaraan hanya dengan membayar tiket masuk kisaran Rp. 3000,- saja.

Selain memuat potensi pariwisata, bendungan ini difungsikan sebagai tempat persediaan air baku untuk PDAM kota Surabaya, PLTA, untuk irigasi pertanian masyarakat di daerah sekitar sampai digunakan sebagai pengendali debit air penyebab banjir serta banyak manfaat lain yang menguntungkan bagi penduduk sekitar.

Nikmati sajian masakan khas Jawa Timur di resto-resto yang banyak berdiri di sekitar waduk, taman rekreasinya lengkap anda bisa mencoba kegiatan olah raga air, atau flying fox, tersedia pula gedung pertemuan yang dilengkapi mini teater. Kawasan bendungan yang bersih ini memang menarik untuk dinikmati, Sesekali kejutkan diri anda dengan menikmati saat matahari terbenam dengan suguhan panorama bendungan alih-alih pantai yang sudah terlalu umum. Selamat berlibur!

Baca Juga:  Egrang, Ketika Permainan Tradisional Mulai Tersingkir

Tinggalkan Komentar