Aneka Bubur Tradisional Indonesia

0
33

Salah satu kuliner Indonesia yang merakyat adalah bubur, siapa yang tidak akrab dengan menu yang satu ini, variannya yang beragam membuatnya diminati semua lapisan masyarakat berbagai usia. Yang manakah yang jadi kegemaran anda dari beberapa jenis bubur berikut ini ? :

  • Bubur Ayam

bubur-ayam-cikini

Bubur ayam terbuat dari beras yang dimasak dengan air yang banyak sehingga punya tekstur lembut berair dan diberi sedikit garam agar ada rasa asin, kemudian disiram kuah kaldu ayam dan dilengkapi dnegan suwiran ayam goreng, telur rebus, daun bawang, seledri cincang, irisan cakwe dan taburan kacang tanah atau kacang kedele, lebih mantap bila diberi sedikit sambal, dibubuhi kecap manis dan asin plus merica, kemudian ditambah taburan bawang goreng, hmmm…mantap! rasanya yang gurih biasanya dinikmati sebagai menu sarapan.

  • Bubur Sumsum

sumsum

Bubur Sumsum warnanya putih, terbuat dari tepung beras yang dimasak kemudian penyajiannya dilengkapi dengan saus yang terbuat dari gula merah yang dicairkan, perpaduan gurih dari tepung beras berpadu manisnya gula merah membuat rasa manis nan legit yang sedap menyapa dilidah. Bubur sumsum selain dinikmati sebagai kudapan, seringnya dibuat ketika ada perayaan tertentu seperti misalnya syukuran ulang tahun, kelahiran bayi, atau acara-acara tradisional tertentu lainnya.

  • Bubur Kacang Hijau

5851065-Bubur_Kacang_hijau_Mung_bean_porridge

Nah, siapa sih yang tidak doyan bubur yang satu ini, di Jogja masyarakat kerap menamainya Burjo singkatan Bubur Kacang Ijo, makanan sehat yang kaya antioksidan ini boleh dinikmati siapapin. Membuatnya pun mudah, biji kacang hijau direbus dengan dengan sedikit garam, kemudian disajikan bersama santan dan gula merah cair, enak dimakan selagi panas, tapi juga sedap dinikmati dingin dengan menambahkan es batu. Ada beberapa orang yang kerap menikmati bubur kacang hijau dicampur dengan bubur ketan hitam, sesuaikan saja dengan selera anda.

  • Bubur Ketan Hitam

ketanhitam

Ini juga salah satu varian bubur yang banyak digemari orang-orang dan juga menyehatkan. Ketan hitam sebagai bahan utamanya sendiri kaya akan zat bergizi juga mengandung antioksidan sama dengan kacang hijau yang baik untuk tubuh. Bubur ini teksturnya kental dengan warna hitam pekat, dimasak bersama santan kelapa, garam dan tambahkan daun pandan jika suka, dimasak dengan api kecil sampai mengental sambil sesekali diaduk, baru kemudian ditambahkan gula dan sedkiti larutan maizena. Bubur Ketan hitam yang sudah masak, diletakkan dalam mangkuk kemudian siram dengan santain cair. Tidak hanya sedap namun juga mengenyangkan, dinikmati panas maupun dingin sama enaknya.

Baca Juga:  Andrea Hirata, Penulis Yang Bukunya Laris Hingga ke Layar Lebar

(Arisca Meir/inloveindonesia.com) ( Foto: joy-catering.com; kulinersumut.com; infojkt.com; zelenaplus.com; asagaram2putri.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar