Pulau Lengkuas, Salah Satu Kekayaan Alam Kepunyaan Pulau Belitung

0
44
Foto : superadventure.co,id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Pulau Lengkuas merupakan salah satu primadona pariwisata Provinsi Kepualauan bangka Belitung selain yang populer berkat film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi. Yang menjadi ciri khas kawasan objek wisata ini yaitu Mercusuar tua yang dibangun pada masa jaman pemerintahan kolonial Belanda sekitar tahun 1882 dan hingga kini masih berfungsi dengan baik sebagaiĀ  penuntun atau penunjuk arah lalu lintas bagi kapal-kapal yang keluar masuk lewat Pulau Belitung meski keadaan fisik bangunannya tidak berubah bahkan terlihat usang termakan usia, namun terbilang masih aman untuk dinaikki.

Pengunjung pantai ini boleh menaikki mercusuar, sedikit menguras tenaga memang, namun tidaklah sia-sia karena dari puncak mercusuar anda selain akan dibuai angin tropis yang eksotis anda juga akan disuguhi pemandangan Lengkuas lebih luas yang tidak bisa dilukiskan kata-kata kecantikkannya, jangan lupakan kamera anda untuk mengabadikan pesonanya, biarkan foto anda yang bercerita nantinya.

Liburan di Pulau Lengkuas tentu akan memberi kesan tersendiri bagi anda, anda tidak akan pernah melupakan indahnya hamparan pasir putih bersih yang lembut, ombaknya yang relatif tenang, airnya yang jernih biru kehijauan berpadu ciri khas pantai-pantai di Belitung yakni keberadaan batu-batu granit berukuran besar adalah destinasi sempurna untuk menghabiskan waktu libur anda.

Pantai di Pulau Lengkuas ini terbilang cukup luas, konturnya landai serta didominasi pohon-pohon rindang dan tumbuhan lebat sekelilingnya. Anda bisa snorkling dan menikmati keindahan taman bawah lautnya, berenang, bermian air atau hanya bersantai di tepian pantai juga asyik.

Untuk bisa sampai ke pulau ini terbilang lumayan mudah, anda bisa berangkat dari tanjung Binga atau Tanjung Kelayang di Pulau Belitung dengan menggunakan perahu selama 30-50 menit yang harga sewanya kisaran Rp. 400.000,-. Pulau Lengkuas tercatat berada di desa Tanjung Binga, kecamatan Sijuk.

Baca Juga:  Malin Kundang, Kisah Rakyat Penuh Makna

Tinggalkan Komentar