Wisata benteng Otanaha, Peninggalan Sejarah di Gorontalo

0
41
Foto : matagorontalo.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Bagi anda pecinta wisata sejarah dan kebudayaan, harus mengunjungi peninggalan sejarah yang satu ini, Benteng Otanaha letaknya sekitar 30 menit dari kota Gorontalo ke arah Danau Limboto, untuk mencapai kawasan benteng ini anda harus menaiki kurang lebih 300-400 buah anak tangga  dengan membayar tiket yang terjangkau yaitu Rp.7000,- saja anda bisa menikmati bangunan bersejarah tersebut sambil berfoto-foto serta menikmati pemandangan indah disekelilingnya.

Benteng ini berada di atas bukit tepat di kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Gorontalo. Dibangun tahun 1522, benteng ini merupakan peninggalan Portugis di abad ke 15 sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah Portugis dengan Raja Ilato, selain itu benteng ini difungsikan sebagai tempat berlindung dan bertahan para raja-raja Gorontalo ketika melawan serangan tentara penjajah.

Arsitektur bangunan berbentuk bulat dengan pondasi berbahan dasar batu alam. Tingginya sekitar 7 meter dengan diameter benteng kira-kira 20 meter. Di kawasan ini ada tiga benteng yang ketiganya dihubungkan dengan jalan setapak untuk menuju ke setiap bentengnya. Lokasinya memang terbilang strategis digunakan untuk mengintai keberadaan musuh pada masa itu. Dari atas area benteng ini anda dapat menyaksikan panorama kota Gorontalo dan Danau Limboto dengan puas.

Meski sedikit kusam  akibat termakan usia, sisa-sisa benteng yang masih berdiri ini masih berdiri kokoh, daya pikatnya selain terdapat pada pemandangan sekitarnya serta bangunannya sendiri, kisah perjuangan yang mengiringi keberadaannya itulah yang membuat wisatawan penasaran, rasanya sayang melewatkan objek wisata yang satu ini untuk dilewatkan, benteng ini bisa menjadi salah satu objek arsitektur menarik khususnya bagi anda pecinta fotografi.

Baca Juga:  Jembatan Ampera, Ikon dan Kebanggaan Orang Palembang

Tinggalkan Komentar