Menikmati Udara Sejuk Segarnya Kaliurang

0
31
Foto : travelingyuk.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Yang suka berwisata ke kota Yogyakarta atau Jogja, pasti sudah familiar dengan objek wisata yang satu ini. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja sekitar 25-30 km saja, namun punya perbedaan suhu yang cukup signifikan sehingga kawasan Kaliurang kerap dijadikan tujuan wisata yang terbilang ramai dikunjungi, tidak heran Kaliurang menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Sleman yang berada di selatan Merapi, tepat di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.  Kaliurang berada di 900 meter diatas permukaan laut, tak heran jika udara Kaliurang sejuk dan segar, suhunya mencapai 20-25 Derajat Celcius. Meski akdang diselimuti kabut, namun tak jarang anda bisa melihat puncak Merapi dari wilayah sini.

Di Kalirang anda bisa berekreasi dan bermain di Taman Rekreasi Kaliurang yang amat cocok dikunjungi bila anda datang bersama anggota keluarga yang masih anak-anak. Selain itu anda bisa mengunjungi Yaman Wisata Plawangan Turgo dimana terdapat kolam renang yang airnya berasal dari mata air lereng Bukit Plawangan. Selain panorama alamnya yang indah, udaranya yang sejuk dimana anda bisa menyalurkan hobi memotret anda disini, Kaliurang juga menyimpan banyak kekayaan yang berkenaan dengan sejarah, ada Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik Keraton Yogyakarta atau Museum Ulen Sentalu yang unik.

Dahulu kala, kawasan Kaliurang ini dijadikan tempat peristirahatan oleh para ahli Geologi yang tinggal di Jogja, dulu banyak warga Belanda yang membangun bungalow-bungalow untuk difungsikan sebagai villa keluarga. Sepeninggal warga Belanda, banyak instansi pemerintah Indonesia mendirikan wisma di Kaliurang, awalnya digunakan untuk kepentingan perusahaan naum lama kelamaan disewakan untuk masyarakat umum, seiring perkembangannya Kaliurang pun dilengkapi berbagai fasilitas bagi wisawatan.

Baca Juga:  Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat

Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan melalui gardu pandang, pos pengamatan Gunung Berapi, tersedia pula area perkemahan, toilet, musholla, kereta kelinci, kios-kios yang menjual makanan serta minuman ringan, jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas Kaliurang yakni Jadah Tempe juga Jagung Bakar. Jika berniat bermalam, jangan kuatir ada banyak penginapan tersedia di Kaliurang yang sesuai dengan budget serta kebutuhan anda. Tarif masuknya yang terjangkau, berkisar mulai Rp. 3000,- membuat Kaliurang selalu menjadi objek wisata istimewa pilihan keluarga.

Tinggalkan Komentar