Long Bumbung, Bambu-Bambu Penuh Kejutan

0
109

Bagi yang masa kecilnya masih berada di tahun 90an kebelakang, pasti mengenal permainan yang satu ini, Long Bumbung. Permainan khas bulan Ramadhan yang dibuat dari bambu besar dan panjang, yang kemudian diberi minyak tanah dan disulut api, sehingga menghasilkan suara ledakan yang cukup besar dan mengejutkan, tetapi tentu saja sangat mengasyikan.
Long bumbung merupakan permainan tradisional asli Indonesia yang kini sangat jarang ditemukan. Bahkan bisa jadi anak-anak jaman sekarang tak mengenal permainan ini. Dibeberapa daerah, permainan ini juga dikenal dengan nama mercon bumbung, karena menghasilkan efek suara yang sama seperti petasan.
Untuk membuat petasan yang satu ini membutuhkan kreatifitas dan nyaris tanpa biaya. Hanya membutuhkan batang bambu berukuran sedang sekitar 1 meter hingga 1,5 meter saja. Selanjutnya, pada batangnya dilubangi persis di bagian atas. Lubang inilah yang digunakan untuk mengisi bambu dengan minyak tanah secukupnya. Hanya dengan menyiapkan penyulut, mercon bumbung atau ‘meriam’ mainan inipun siap digunakan untuk ngabuburit. Biasanya anak-anak menggunakan karbit sebagai bahan peledaknya untuk menghasilkan suara ledak yang cukup memekakan telinga.
Long bumbung sangat khas dengan bulan Ramadhan. Biasanya anak-anak memainkan long bumbung saat menjelang buka puasa atau waktu ngabuburit. Serunya bermain long bumbung membuat mereka melupakan rasa lapar mereka, dan tidak terasa, adzan maghrib pun terdengar. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: bloggerpurworejo.com)

Baca Juga:  Tari Saman, Keselarasan dari Daratan Aceh

Tinggalkan Komentar