Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sulawesi Selatan

1
39

Indonesia memiliki begitu banyak potensi wisata alamnya, terlebih dengan adanya  Taman-taman nasional yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tentu saja semakin mendukung kemajuan wisata alam di Indonesia. Salah satu Taman Nasional yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan adalah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.
Taman Nasional yang memiliki luas sekitar 43.750 ha ini memang spesial. Selain berada di gugusan pegunungan karts terbesar setelah Cina, Taman Nasional Babul ini juga disebut sebagai ‘Kingdom of Butterfly’ atau ‘Kerajaan Kupu-kupu’. Kenapa dinamakan demikian, anda pasti sudah bisa menerka jawabannya, tentu saja karena disini memiliki habitat yang didiami sekitar 250 jenis kupu-kupu yang 20 diantaranya dilindungi oleh pemerintah.
Tak hanya dengan surganya kupu-kupu saja, bagi anda pecinta keindahan stalaktit dan stalakmit, di Taman Nasionak Babul terdapat sekitar 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar disini. beberapa gua yang paling banyak diminati oleh para pengunjung adalah gua mimpi dan gua batu.
Disini anda juga bisa menemukan pegunungan karts Rammang-rammang yang sangat indah yang menjadi habitat tarsius, yang merupakan mamalia kecil yang dilindungi oleh pemerintah. Di Taman Nasional Babul anda juga akan mendapatkan air tejun Bantimurung yang sudah banyak dikenal dengan keunikan dan keindahannya.
Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan daerah yang menarik untuk dikunjungi, pelestarian alam yang baik telah membuat salah satu tempat wisata ini makin banyak dikunjungi oleh para turis, baik turis mancanegara maupun turis lokal, lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota, dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, yang bisa ditempuh sekitar 30 menit – 1 jam perjalanan, tergantung kondisi jalan yang dilalui. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: cinikironk.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar