Curamnya Lembah Ngarai Sianok

0
54

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi, di kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.Ngarai Sianok atau Lembah Pendiang merupakan suatu lembah yang indah, hijau dan subur. Didasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.
Jika anda sedang berknujung ke Bukit Tinggi, pastikan anda tidak melewatkan untuk berkunjung ke Ngarai Sianok. Salah satu wisata andalan pemda Sumatra Barat. Ngarai Sianok itu sendiri adalah lembah curam yang terletak di perbatasan kota bukit tinggi, IV Koto, kabupaten Agam, Sumatra Barat.
Ngarai Sianok merupakan bagian dari patahan bumi yang ada di Pulau Sumatera. Patahan tersebut lantas menghasilkan pahatan alam yang luar biasa megah berupa dinding curam yang nyaris tegak lurus dengan hamparan lembah hijau di tengahnya. Mempunyai panjang sekitar 15 km, dengan lebar sekitar 200 m, dan mempunyai kedalaman sekitar 100 m. dengan aliran sungai di tengahnya membuat Ngarai Sianok semakin memukau.
Terdapat satu titik terbaik untuk menikmati Ngarai Sianok ini, yakni Taman Panorama. Jika ingin masuk, pengunjung dipungut biaya Rp 5.000/orang. Dari Taman Panorama ini, wisatawan bisa mendapat titik untuk melihat nyaris ke seluruh ngarai. Semua termasuk pemandangan Batang Sianok yang berkelok mengular, seakan terlihat keluar dari kaki Gunung Singgalang dan menghilang di kejauhan. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)

Baca Juga:  Dadih, Susu Kerbau Fermentasi Khas Minangkabau

Tinggalkan Komentar