Carstensz Pyramid Gunung Beratap Salju

0
33

 Carstensz Pyramid gunung beratap salju di Indonesia yang berada di Papua banyak di impikan oleh banyak pendaki untuk bisa menjejakkan kaki di puncaknya. Selain karena dia adalah puncak tertinggi di Indonesia, para pendaki akan menemukan sensasi berbeda yang tidak didapatkan di hampir semua karakter gunung di Indonesia, yakni atapnya Indonesia ini beratap salju.
Cartensz Pyramid, salah satu puncak impian bagi para pendaki Indonesia maupun mancanegara. Dengan beratapkan salju dengan ketinggian 4884 dpl, Cartensz Pyramid menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia sekaligus menjadi salah satu dari 7 atap dunia.
Tetapi salju ini diperkirakan akan menyusut dan mengering pada tahun 2024, hal ini disebabkan oleh pemanasan global. Perhitungan tersebut didasarkan atas analisis data empiris menggunakan pendekatan linier yang dikerjakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Jadi bukan tidak mungkin suatu saat pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi di Gunung Kilimanjaro, Afrika.
Gunung ini memang terletak di Indonesia, namun pendaki yang menyemarakkan dengan menjelajahi punggungannya kebanyakan malah dari pendaki luar negeri bukan pendaki lokal. Setiap tahunnya ada sekitar 200 – 300 pendaki luar negeri yang mengeksplore gunung ini, sementara pendaki Indonesia hanya puluhan orang saja.
Untuk mendaki gunung ini ada dua akses, yaitu melalui Freeport dan Ilaga. Galih Donikara, seorang senior Wanadri menyebutkan untuk mendaki gunung ini harus memiliki rekomendasi dari kantor Menpora, Kapolri, BIA – Intelejen Indonesia, Menhutbun / PKA, dan PT Freeport Indonesia ( PTFI ).
Untuk bisa menggapai puncak Carstensz Pyramid, pendaki harus melakukan pemanjatan, maka dari itu keterampilan memanjat sangat penting di sini. Pendaki wajib menggunakan peralatan pendakian yang direkomendasikan, pastikan Anda membawa semua yang ada di daftar itu. Metode ini memberikan keamanan dan kesempatan terbaik mendaki puncak. Dengan melewati sulitnya mendaki puncak ini, para pendaki akan mendapatkan pengalaman dan pemandangan yang menakjubkan dari Cartensz Pyramid. (Hikari Chan/inloveindonesia.com)

Tinggalkan Komentar