Tahu Petis, Snack Tahu Enak Asal Semarang

0
89

Tahu memang salah satu makanan olahan kedelai yang murah tetapi lezat. Rasanya yang fantastis inilah yang membuat banyak orang tak kehabisan akal untuk mengolah tahu. Tekstur yang lembut dan berisi bisa pengganti alternatif olahan daging yang lezat bagi para vegetarian. Harganya yang murah tai tidak murahan membuat tahu ini bisa dinikmati dari kaum menengah kebawah hingga kaum atas.

Kalau kita sekali-kali membuka buku resep masakan, pasti kita akan menemukan banyak sekali olahan-olahan tahu yang menggoda, dan satu olahan tahu yang tidak bisa terlewatkan adalah tahu petis.

Tahu petis adalah makanan kecil asli dari semarang. Makanan ini sesuai dengan namanya, yaitu tahu yang diberi bumbu petis. Petis ini sendiri merupakan pasta atau sambal berwarna hitam yang dibuat dari udang. Rasanya agak manis dan asin dan punya aroma yang khas, karena rasanya yang agak manis itulah, paling pas tahu petis ini dinikmati dengan cabe rawit. Biasanya cara menikmati tahu petis ini dengan menyisipkan bumbu petis di belahan tahu yang sudah digoreng atau bisa juga di cocolkan ke bumbu petisnya.

Kalau anda berkunjung ke Semarang, dipastikan pasti anda akan menemukan banyak sekali penjual tahu petis yang menjajakannya bersama gorengan lain atau khusus hanya menjual tahu petis. Bahkan sekarang sudah ada yang menjadikan usaha tahu petis menjadi usaha franchise.

Gurihnya bumbu petis dipadu dengan renyah lembutnya tahu pong memang sangat cocok dijadik teman cemilan saat berkumpul dengan keluarga. Bagi anda yang tidak bisa membuat bumbu petisnya, jangan khawatir. Sudah banyak bumbu-bumbu petis instant yang bisa ditemukan di supermarket dan pasar tradisional. Selamat mencoba! (Hikari/ensiklopediaindonesia.com – Foto)

Tinggalkan Komentar