Tradisi Unik, Pria di Kampung Ini Tidur Di Teras Rumah Setelah Mempunyai Anak

0
106

Ada sesuatu yang unik yang ada di Kampung Ende, Lombok Tengah. Yaitu tradisi unik yang mengharuskan para pria yang sudah menikah harus tidur di luar rumah setelah punya anak. Begitupun para anak laki-lakinya. Kenapa begitu?
Adalah Kampung Ende di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Salah satu kampung adat di Lombok Tengah yang biasa menjadi alternatif selain mendatangi Desa Wisata Sade. Di kampung ini, terdapat 30 rumah adat Sasak yang bisa diintip oleh para wisatawan.
Ada kebiasaan unik di rumah ini. Setiap pria yang telah punya anak tidak boleh tidur di dalam rumah. Mereka akan tidur di bagian teras rumah. Namun sebelum menikah, mereka bisa tinggal di dalam satu rumah. Nah, setelah mempunyai anak, mereka harus ke luar rumah, tepatnya di teras. Dan kalaupun mereka memiliki anak laki-laki, anak laki-lakinya pun harus tidur di luar rumah, sedangkan para wanitanya tidur di dalam.
Larangan masuk rumah ini hanya berlaku saat tidur malam hari. Sedangkan saat siang hari, para pria ini boleh masuk tapi dengan syarat. Mereka harus mengetuk pintu dan meminta izin untuk masuk ke dalam.
Apa tidak dingin tidur di luar? Tenang, rumah adat Sasak ini punya desain yang cukup unik. Atapnya merunduk ke bawah sehingga bagian teras cukup terlindungi oleh atap. Jadi, walaupun tidur di luar, mereka tidak akan sakit atau kedinginan. (detik.com)

Tinggalkan Komentar