Sungai Citumang, Aliran Biru Berlian Di Hijaunya Belantara Pangandaran

1
86

Biru berlian di antara hijaunya belantara, mungkin itu adalah ungkapan yang sangat tepat bagi Sungai Citumang yang berada di tengah-tengah rindangnya hutan Pangandaran. Melodi indah nan merdu dari hembusan angin yang menelusup lewat ranting dan dedaunan serta suara gemercik air yang mengalir lewat batuan-batuan cadas yang terukir indah. Benar-benar sebuah pemandangan yang sangat menggugah hati.

Ada beberapa asal-usul dari mana nama Citumang ini berasal, yang pertama dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang hingga akhirnya  namanya melekat kuat menjadi nama sungai. Sedangakan versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bhs. Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan air sungai yang mengalir di bawah tanah.

Sungai Citumang yang terletak 15 km arah barat dari Pangandaran, atau sekitar 95 km dari kota Ciamis ini memang sangat istimewa. Sesampainya disini, Anda akan melihat aliran sungai yang sangat jernih dengan pepohonan rimbun dengan akarnya yang menjuntai di sepanjang pinggiran sungai.

Jika Anda berjalan lebih jauh mengikuti aliran air, Anda akan menemukan sebuah keajaiban alam yang langka. Air sungai masuk kedalam tanah dan muncul kembali di hilir sungai seperti sistem ledeng. Tempat ini terletak di ujung gua yang disebut gua Taringgul, dan aliran sungai di bawah tanah ini disebut “Sanghyang Tikoro” atau diterjemahkan sebagai tenggorokan Allah.

Sungai Citumang adalah tempat yang sempurna untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Di sini, selain bisa menjadi liburan yang menenangkan, Anda juga dapat mengajari mereka nilai-nilai tentang alam, pentingnya lingkungan. Cobalah benamkan kepala Anda ke dalam air pegunungan yang jenir dan sejuk. Tutup mata Anda dan biarkan perasaan tertekan Anda mengalir dengan air ke hilir. Puaskan diri Anda  untuk bersenang-senang dan menyegarkan tubuh, jiwa dan pikiran. (Hikari/endiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Pantai Karang Nini, Potensi Tersembunyi Dekat Pangandaran, Jawa Barat

citumang3 citumang

1 KOMENTAR

  1. Hello, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your blog site in Opera, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, wonderful blog!
    sac michael kors [url=http://www.ventedemichaelkors.com/michael-kors-clutches-soldes-marque-3.html]sac michael kors[/url]

Tinggalkan Komentar