Desa Sembungan, Menyapa Pagi Desa Tertinggi Di Pulau Jawa

0
48

Daerah-daerah dataran tinggi seperti Dieng memang selalu menyajikan kombinasi pemandangan yang menarik. Selain eksotisnya Puncak sikunir yang terkenal dengan Golden Sunrisenya, kecantikan Telaga Warna yang sudah tersohor, legenda rambut gimbal di Kawah Sikidang, keagungan Candi Arjuna, dan manisnya manisan Carica yang khas. Tak ketinggalan juga Desa Sembungan. Meski hanya sebuah desa wisata biasa, namun predikat desa tertinggi yang disematkan padanya lah yang membuat anda memasukannya dalam list tempat-tempat yang harus dikunjungi selagi berkunjung ke Dieng.

Desa Sembungan terletak sekitar 6 km dan dapat di tempuh selama 20 menit perjalanan dari pusat Dieng. Jika Anda hendak menuju ke Bukit Sikunir, pastinya anda akan melewati desa ini karena Desa Sembungan berada di jalan utama yang mengarah ke Bukit Sikunir.

Desa yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki ketinggian sekitar 2306 mdpl  dengan suhu yang cukup dingin, sekitar 10 -18 derajat celcius. Selain terkenal dengan  golden sunrisenya yang berada di Bukit Sikunir,  Desa Sembungan juga memiliki wisata alam lain,seperti gunung Paku Waja, Telaga cebong dan Goa Pertapaan yang terletak sebelah timur Gunung Paku Waja . Sedangkan di sebelah selatan Desa Sembungan terdapat Air Terjun Sikarim.

Desa yang pernah mendapatkan peringkat pertama dalam lomba desa promosi wisata se Jateng – DIY tahun 2012 ini membuktikan bahwa Desa Sembungan adalah desa yang layak dikunjungi sebagai tujuan wisata alam. Seperti halnya pada kawasan desa wisata lainnya, Desa Sembungan juga menyediakan beberapa pelayanan kepariwisataan seperti guide dan penginapan. Penginapan yang ada di desa ini umumnya adalah rumah pribadi penduduk yang sering difungsikan sebagai penginapan, sehingga pengunjung dapat merasakan suasana Desa Sembungan dan berbaur dengan masayarakt sekitar sehingga bisa mengetahui keseharian masyarakat desa. Penginapan disini pun harganya relatif terjangkau dibanding dengan penginapan yang berada di pusat Dieng. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here