5 Getuk Populer di Indonesia

0
101

Dari berbagai olahan singkong yang ada, getuk adalah olahan singkong yang favorite. Disamping karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, getuk juga sangat mudah dibuat. Pembuatannya sangat mudah, pertama singkong dikukus, lalu ditumbuk dan campur gula, jadilah getuk yang bisa langsung dimakan. Masalah getuk itu mau diapakan setelahnya, tergantung kreativitas pengolahnya. Berikut beberapa jenis getuk yang populer di Indonesia.

1.      Getuk Goreng Khas Sokaraja

getuk-goreng

Getuk goreng adalah jajanan khas Sokaraja dibuat dari singkong dan dibumbui gula merah. Getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seorang penjual nasi keliling di daerah Sokaraja. Pada saat itu getuk yang dijual tidak laku, sehingga beliau mencari akal agar getuk tersebut masih bisa dikonsumsi. Kemudian, getuk yang tidak habis dijual pada hari itu dia goreng dan dijual lagi. Ternyata sangat digemari oleh para pembeli. Anda bisa dengan mudah menemukan toko-toko getuk goreng di sepanjang jalan Sokaraja.

2.      Getuk Lindri

getuk-lindri

Getuk lindri adalah kue tradisional dari Jawa Tengah yang berbahan dasar singkong. Selain rasanya yang istimewa, getuk lindri juga dikenal karena satu ciri khas Magelang. Getuk lindri dikenal karena rasanya yang enak. Warnanya berwarna-warni memikat dan bercita rasa manis. Disajikan dengan taburan kelapa parut yang gurih. Yang paling unik dari getuk ini adalah cara menjualnya. Kue ini biasa dijajakan dengan menggunakan gerobak, dengan disertai tembang Jawa ataupun dangdut dengan volume kencang.

3.      Getuk Trio

getuk trio

Sokaraja mempunyai oleh oleh khas Getuk Goreng sedangkan Magelang mempunyai oleh-oleh khas Getuk Trio. Disebut Getuk Trio (tiga) karena memang secara fisik getuk ini seolah-olah terbagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh beberapa warna. Getuk ini dibuat dengan bahan utama dari singkong dan gula pasir yang berfungsi sebagai pengawet alami. Dalam pewarnaanya sendiri Getuk Trio biasanya berwarnacoklat, putih, kuning, hijau, dan pink. Rasanya yang manis dan legit karena gula yang dicampur dengan santan yang menambah gurih dan mantap.

Baca Juga:  Otak Otak, Makanan Ringan Yang Sehat

4.      Getuk Pisang

getuk-pisang-safari-indonesia-zudi

Selain tahu takwa, tidak lengkap rasanya kalau ke Kediri tidak membawa oleh-oleh gethuk pisang. Makanan ini sangat familiar jika anda datang ke Kota Kediri. Rasanya yang manis legit akan menggoda selera anda untuk selalu ingin menikmatinya. Gethuk pisang biasanya juga disebut gethuk gedhang dalam bahasa jawa dan dikemas dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong dan berwarna kecoklatan.

Sesuai namanya, gethuk pisang dibuat dari buah pisang. Gethuk pisang dibuat khusus dari pisang Raja Nangka. Raja Nangka pilih karena punya aroma dan rasa yang khas manis asam. Rasa manis asam inilah yang membuat rasa gethuk pisang men-jadi khas asam manis tanpa gula.

5.      Getuk Singkong, Getuk Ubi dan Getuk Talas

getuk-singkong

Untuk jenis getuk yang terakhir ini adalah getuk biasa yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional. Getuk biasa ini tak hanya dibuat dari singkong saja, tetapi juga dari umbi-umbian yang lain seperti ubi dan talas. Cara membuatnya sangat mudah, umbi-umbian tersebut dikukus sampai empuk, ditumbuk dengan gula pasir atau gula merah sampai halus, dan terakhir ditaburi dengan kelapa parut. Bisa juga ditambah taburan gula merah cair atau gula pasir untuk menambah rasa manisnya. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: blog.epicurina.com; resepmasakanpilihan.com; ideaonline.com; maemanjogja.blogspot.com)

Tinggalkan Komentar