Lembah Harau, Lembah Surga di Payakumbuh Sumatera Barat

1
829
Foto : gpswisataindonesia.wordpress.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Lembah Harau, atau biasa juga disebut dengan Ngarai, merupakan sebuah lembah yang berada di antara tebing-tebing terjal yang tinggi menjulang. Objek wisata menjadi salah satu objek wisata wajib bagi wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Sangat menyenangkan saat anda bejalan di Lembah Harau sambil menikmati pemandangan tebing-tebing granit yang menjulang hingga 300 meter ini. Tak heran kalau tempat ini dijuluki sebagai Yosemitenya Indonesia.

Di sini Anda juga akan menemukan cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harau seluas 270,5 hektar. Tempat ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 10 Januari 1993. Di cagar alam dan suaka margasatwa Lembah Harauter terdapat berbagai spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, serta  sejumlah binatang langka asli Sumatera seperti monyet ekor panjang (Macaca fascirulatis).

Ada legenda yang menyelimuti tempat ini. Konon Lembah Harau berasal dari lautan yang mengering. Legenda tersebut diperkuat oleh temuan dari survey team geologi Jerman (Barat) yang meneliti jenis bebatuan yang terdapat di Lembah Harau pada tahun 1980. Dari hasil survey team tersebut dapat diketahui bahwa batuan yang ada di perbukitan Lembah Harau adalah batuan Breksi dan Konglomerat yang merupakan jenis bebatuan yang umumnya terdapat di dasar laut.

Selain pemandangan tebing-tebing yang menjulang dengan kokoh dan megah, Anda juga akan merasakan segarnya udara dan objek wisata alam lainnya di Lembah Harau. Anda bisa mengunjungi beberapa kawasan objek wisata alam, yang masing-masing akan membuat Anda merasa takjub. Setidaknya ada lima air terjun yang bisa anda temui di kawasan Lembah Harau.

Fasilitas yang tersedia di sini pun sudah cukup lengkap. Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota dan berniat bermalam, di sini terdapat pondok kecil dan Rumah Gadang  untuk tempat menginap. Harga sewa kamar semalam bervariasi, mulai dari Rp 50.000,-  hingga Rp 2 juta per malamnya. Bagi para wisatawan  yang ingin menjajal memanjat tebing di lembah harau, di sini juga menawarkan fasilitas guiding.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Komentar