Kue Bika Ambon, Kelezatan Ekstrim Ala Medan

0
33

Siapa disini yang pernah mengira kalau kue Bika Ambon itu dari Ambon? Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya kenapa Bika Ambon berasal dari Medan dan bukan dari Kota Ambon. Tentang itu masih simpang siur dan belum ada bukti yang menjelaskannya. Namun ada beberapa informasi pula yang mengetahui sedikit cerita sejarahnya. Mereka mengatakan bahwa pada ratusan tahun lalu Bika Ambon ini sudah sangat populer di Kota Medan, kue ini dibawa oleh seorang pendatang dari Kota Ambon yang menetap salah satu wilayah di Kota Medan dalam waktu yang cukup lama. Masyarakat kota Medan memanggilnya si ‘Ambon Manise’.

Bika Ambon sudah sangat terkenal hingga luar daerah. Hampir semua daerah di Indonesia sudah mengenal kuliner manis legit khas Kota Medan ini. Teksturnya yang unik berbentuk seperti jaring-jaring, rasanya yang manis dan legit serta aromanya yang harum. Membuat banyak orang begitu menyukai kelezatannya.

Sekilas penampakannya mirip kue karamel, sama-sama memiliki rasa yang manis legit dan bertekstur seperti jaring. Bedanya kue karamel dan kue bika ambon bisa dilihat dari warnanya. Kalau kue karamel berwarna coklat tua, sedangkan bika ambon berwarna kuning cerah.

Jika anda kebetulan sedang berkunjung ke Kota Medan, tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh yang sangat khas dari kota ini. Salah satunya adalah di kawasan Jln. Majapahit, Kecamatan Medan Petisah yang merupakan kawasan Pusat oleh-oleh khas Kota Medan yang terkenal dengan Bika Ambon nya yang dapat kita jumpai di sepanjang kawasan ini. (Hikari/esniklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Ayam Tangkap, Olahan Ayam Dari Aceh

Tinggalkan Komentar