Kriuk Renyahnya Kuweh Dollar Tjap Masin Khas Surabaya

0
58

Entah siapa yang pertama kali menyebut kue (kuweh) ini sebagai kue dollar. Bentuknya kecil bulat pipih, sekilas memang mirip kepingan-kepingan uang receh. Dari namanya kue yang mirip cookies ini memang terdengar jadul. Ini bisa dilihat dari ejaan bahasanya yang masih menggunakan ejaan bahasa lama, tapi inilah yang membuat Kuweh Dollar terasa istimewa.

Usaha kuweh dolar ini sudah dimulai sejak 1936. Adonan dan rasa sama dengan kue japit yang biasanya dibentuk gulung seperti adonan tepung terigu, telur ayam dan air. Cetakan yang digunakan khusus berbentuk pipih terbuat dari besi atau aluminium. Cara pembuatannya pertama adonan cair dituangkan dan setelah panas dan kering barulah diangkat dan didinginkan. Bentuknya sendiri bundar pipih mirip pecahan dollar alias uang sen dan uang logam jaman dulu.. Kuweh Dollar dibuat dalam beberapa rasa yaitu keju, cokelat wijen, wijen, dan vanila.

Anda bisa menemukan kuweh dolar di Mall Kelapa Gading 1 Lantai G, Surabaya.  Jika anda juga ingin sekali mencari camilan atau barang-barang khas tempoe doeloe tempat ini mungkin yang Anda cari. Seperti telur cicak, kerupuk usek yang disiram dengan kuah asam sehingga agak melempem, permen jahe, coklat ayam jago, dan juga aneka barang-barang tempo dulu. (ensiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Wajib Makan Ini Saat Ke Jogja (Part I)

Tinggalkan Komentar