Sotong Pangkong, Kuliner Khas Ramadhan di Pontianak

0
22

Banyak sekali kuliner-kuliner daerah yang hanya bisa ditemukan saat bulan ramadhan saja, salah satunya adalah Sotong Pangkong dari Pontianak. Sotong Pangkong adalah makanan favorit warga Pontianak sebagai menu berbuka maupun sahur. Orang Pontianak menyebut makanan ini Sotong Pangkong karena sebelum dihidangkan, sotong yang menjadi bahan utama harus dipukul-pukul atau dipangkong dalam bahasa Pontianaknya.

Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang, setelah dibakar maka cumi ini akan dipukul – pukul menggunakan palu. Tujuannya agar rasanya gurih. Sotong pangkong ini tak diberi bumbu macam-macam karena sudah terasa gurih alami.

Sotong pangkong akan terasa lebih nikmat bila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya lengkap dari manis, asin, gurih dan pedas. Penggemar sotong pangkong atau cumi kering pangkong ini beragam dari anak kecil, remaja hingga orang tua. Mereka selalu menyempatkan diri mencicipi sotong pangkong ini sebab hanya bisa ditemukan setiap bulan Ramadhan. Di ibukota Kalimantan Barat tersebut, sotong pangkong banyak dijajakan di pinggir jalan. Harganya berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000 seporsinya. (ensiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Gethuk Goreng Asli H. Tohirin, Si Manis Legit dari Banyumas

Tinggalkan Komentar