Air Terjun Setancak Situbondo

0
25

Banyak sekali tempat-tempat wisata alam di Indonesia yang belum tereksplor dan tersembunyi lokasinya. Salah satunya di Pulau Jawa, meskipun Pulau Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia, tapi ini tidak menjamin kekayaan wisata yang ada di dalamnya sudah diketahui banyak orang. Banyak sekali potensi-potensi wisata yang masih belum terambah, salah satunya adalah Air Terjun Setancak.

Air terjun ini berada di desa Mojosari, kecamatan Asembagus, Situbondo. Nama Air Terjun Setancak diambil dari kata daerah setempat yaitu kata ‘Tancak’ (dalam bahasa Madura) yang artinya adalah air yang memancar.  Hal ini menggambarkan asal muasal terbentuknya air terjun Setancak yang muncul dari dalam tanah secara tiba-tiba.

Air terjun Setancak memiliki ketinggian ± 8 m dan lebar mencapai 10 m, jadi tidak mengherankan apabila air terjun Setancak memiliki debit alir 80 liter/detik. Selain pemandangan air terjun, ditempat ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan menarik lainnya, yaitu populasi burung Walet disamping air terjun. Konon air terjun Setancak ini merupakan tempat pemandian burung-burung Walet tersebut. Anda bisa menyaksikannya sekitar pukul 6 pagi dan pukul 5 sore.

Untuk mencapai obyek wisata ini Anda harus melakukan perjalanan sejauh 5 km dengan kendaraan roda empat, 3 km dengan kendaraan roda dua, dan sekitar ± 2 km berjalan kaki. Jadi bagi Anda yang menyukai wisata jalan kaki, obyek ini merupakan pilihan tepat.

Meskipun begitu, kurangnya kegiatan dan penggunaan promosi menyebabkan keberadaan air terjun ini belum diketahui oleh para wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Namun, karena belum tersentuh oleh banyaknya faktor manusia inilah sehingga kealamian wisata alam ini dapat diperhitungkan untuk dapat melewatkan hari istirahat untuk berekreasi ke wisata air terjun ini. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar