Nasi Karak, Sarapan Khas Kota Gresik

0
114

Apa yang ada dipikiran anda saat mendengar nasi karak, pastinya anda akan teringat nasi yang sudah hampir basi, lalu dikeringkan, dan diolah kembali, atau biasa disebut nasi aking. Tapi jika anda ke Gresik, bukan itu yang anda akan temukan. Yang anda akan temukan adalah nasi merah yang dinikmati bersama parutan kelap, poya gurih (serundeng), dan lauk tempe.

Nasi karak hanya bisa ditemui saat pagi hari, karena memang nasi karak merupakan menu sarapan khas Gresik. Ada dua jenis karak. Pertama, karak putih berasal dari beras yang ditambahi sedikit air kapur, sirih, dan garam, kemudian ditanak seperti nasi pada umumnya. Kedua, karak hitam, berasnya ditambah campuran ketan hitam agar menghasilkan warna hitam dan diberi garam. Agar lebih sedap, biasanya waktu menanak dimasukkan daun pandan.

Untuk lauknya, nasi karak ditemani godho tempe (gimbal tempe), bali belut, dan parutan kelapa serta poya. Paling pas menikmati godho tempe ini saat masih panas. Jangan lupa juga cabai rawitnya agar waktu sarapan anda semakin menyenangkan.

Penjual nasi karak bisa ditemukan di kampung-kampung, terutama di Gresik bagian utara. Biasanya para penjual nasi karak hanya bisa ditemukan beberapa jam saja. Jadi jangan sampai anda kehilangan kesempatan untuk menikmati kuliner pagi hari khas Gresik ini ya. (ensiklopediaindonesia.com)

Baca Juga:  Nasi Krawu, Sarapan Khas Gresik

Tinggalkan Komentar