Desa Wisata Wora Wari Sukoharjo, Wonosobo

0
188

Kecamat Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, ternyata meyimpan segudang potensi yang bisa dibanggakan, tak hanya sukses mencetak rekor muri dengan Dodol Salak dan Kue Jipang Terpanjangnya tapi juga berhasil mengantarkan Desa Plodongan menjadi Juara I PKK Tingkat Nasional. Dan kini kecamatan yang berada di ujung barat Wonosobo ini juga menyimpan potensi pariwisata yang sangat luar biasa, Desa Wisata Wora Wari.
Desa Wora-wari adalah desa wisata yang terletak di Wonosobo yang menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis. Desa wisata Wora-wari tepatnya berlokasi di bagian barat kabupaten Wonosobo, sekitar 30km dari pusat kota.
Bagi anda yang butuh refreshing, tentu saja Desa Wora Wari bisa jadi pilihan yang pas untuk menghabiskan liburan anda. apalagi jika anda sudah lelah dengan keadaan kota yang penuh dengan polusi dan kemacetan yang tak ada ujungnya. Keindahan alamnya yang masih sangat asri dan terjaga. Menjadi pilihan yang paling tepat untuk dikunjungi terutama untuk anda yang menginginkan hiburan/refresing nuansa alam.
Desa wisata Wora-wari menawarkan keindahan alam yang sangat indah, diantaranya :
Gunung karang
Butuh sedikit waktu untuk mendaki Gunung karang. Dari puncak Gunung karang kita dapat melihat keindahan alam sekitar desa wisata wora-wari.
Sungai Tulis
Sungai Tulis atau Kali Tulis sebutan bagi masyarakat sekitar, juga merupakan daya tarik utama desa ini. Di Sungai Tulis ini adrenalin kita akan diuji, kita bisa mengarungi jeram-jeram di sungai tulis dengan River Tubing dengan menggunakan perahu karet tunggal terbuat dari ban mobil yang sudah dimodifikasi dan dijamin savety.
Tari Lengger
Di desa ini, anda bisa menyaksikan tarian-tarian tradisional yang masih membudaya di masyarakat sekitar.
Bertani Salak
Selain Menawarkan keindahan alam, disini anda berkesempatan untuk mempelajari cara bertani salak pondoh organik, mulai dari perawatan sampai panen. Petani salak merupakan mata pencaharian utama masyarakat desa wora-wari. Anda juga bisa membawa salak-salak manis ini sebagai oleh-oleh.
Ojek Kebo dan Back To Ndeso
Back To Ndeso antara lain melalui Agrowisata, Ekowisata, Wisata Religi, Wisata Budaya,Wisata Sejarah, Wisata Edukasi dan juga Wisata Minat Khusus. Disini yang akan disediakan pada anda pun serba Ndeso dan memanfaatkan potensi lokal, mulai dari pecel, urap, nasi jagung sampai hidangan-hidangan khas seperti “Kerne”,Salak Kukus, Salak Kemul dan hidangan khas lainnya. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar